Bahaya Konsumsi Nanas, Jahe, dan Tips Cegah Hipertensi

Ilustrasi anemia
Sumber :
  • Freepik/katemangostar

VIVA – Jahe dan buah nanas merupakan tanaman khas Indonesia yang banyak digemari. Tak hanya nikmat dikonsumsi, nanas juga sering diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman. Sedangkan jahe, merupakan salah satu jenis rimpang yang cukup tenar digunakan dalam pengobatan tradisional.

Kedua tanaman ini memang tak ada hubungannya satu sama lain, namun nanas dan jahe diyakini masyarakat mengandung khasiat tersendiri sehingga banyak mitos dan fakta soal manfaat kesehatan jahe maupun nanas.

Banyak kabar beredar bahwa nanas kaya akan vitamin c yang bisa mengatasi kanker, nanas juga dijuluki ratu buah tropis yang multi khasiat. Kandungan bromelain pada nanas juga digadang-gadang bisa menjaga kulit tetap awet muda. Di lain sisi, nanas juga dituding sebagai pemicu luruhnya janin dalam kandungan.

Sedangkan jahe, di balik khasiatnya, masyarakat termyata meyakini bahwa kelebihan konsumsi jahe bisa memicu sakit ginjal. Lantas bagaimana kebenarannya?

Mitos fakta soal jahe dan nanas akan dikupas dalam tayangan Ayo Hidup Sehat (AHS) di tvOne, Selasa, 2 Juli 2019. Bersama narasumber ahli gizi klinis dr. Christopher Andrian, SpGK dan pakar Farmakologi dr. Lonah,SpFK, AHS akan tayang pukul 13.00 hingga 14.00 WIB.

Tips bermanfaat soal hipertensi

Jangan lewatkan pula topik soal hipertensi. Penyakit darah tinggi atau hipertensi selama ini dipercaya hanya menyerang orang yang sudah tua, padahal belakangan ini hipertensi diketahui juga menyerang generasi muda. 

Pola hidup tak sehat dipercaya menjadi faktor penyebab terjadinya hipertensi di usia muda. Untuk menghindarinya, spesialis penyakit dalam dr. Wismandari Wisnu, SpPD - KEMD akan memberikan tips mencegah hipertensi.  

Dalam segmen Cara Sehat, penonton juga diajak menemukan olahraga yang tepat tanpa harus beranjak dari televisi. Penasaran bagaimana caranya? Simak terus tips-tips sehat AHS. Jika Anda tak sempat menyaksikannya di layar kaca, AHS juga akan tayanglive streaming di laman ini.