7 Tips Bercinta Tetap Menyenangkan Meski Sedang Haid

Ilustrasi seks/bercinta.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

VIVA – Meskipun bagi beberapa orang terdengar aneh, tidak ada bukti ilmiah bahwa berhubungan seks selama periode menstruasi berbahaya bagi kesehatan Anda. Beberapa wanita bahkan mengatakan bahwa melakukan hubungan intim saat menstruasi membawa beberapa manfaat dan lebih menyenangkan daripada di waktu lain.

Berhubungan seks saat menstruasi memiliki beberapa manfaat yang disebabkan oleh perubahan fisiologis yang terjadi sebagai respons terhadap hubungan seksual. Ini juga mengurangi rasa kram dan membuat menstruasi lebih cepat selesai.

Tapi tentu ada beberapa hal yang mesti diingat ketika melakukannya. Seperti dilansir dari Very Well, Rabu, 3 Juli 2019, berikut tips berhubungan intim saat menstruasi.

1. Perencanaan ke depan

Tidak dapat disangkal bahwa seks selama menstruasi bisa menjadi sedikit berantakan. Dengan sedikit pra-perencanaan, kalian bisa mengurangi jumlah kekacauan.

2. Pilih hari

Jika Anda tahu bahwa hari ke-3 sampai 5 periode menstruasi Anda lebih ringan, cobalah berhubungan seks pada hari-hari itu. Namun, jika seks pada hari ke-1 menstruasi Anda tidak mengganggu Anda atau pasangan Anda, lakukanlah.

3. Mengurangi darah

Untuk meminimalkan jumlah darah di vagina saat berhubungan seks, Anda dapat mencoba menggunakan cup menstruasi, alat yang relatif kecil dan fleksibel yang merupakan alternatif tampon dan pembalut. Alat ini pada dasarnya mengumpulkan darah saat melewati serviks dan menjaga vagina relatif bersih.

Kebanyakan cup menstruasi yang dapat digunakan kembali harus dikeluarkan sebelum berhubungan seks. Pasangan umumnya tidak akan merasakan cup itu, dan tidak ada kebocoran selama hubungan seksual. Namun, beberapa wanita mungkin merasa tidak nyaman menggunakan perangkat semacam ini selama berhubungan seks, karena vagina mungkin terasa sesak atau mungkin ada rasa sakit yang dirasakan.

4. Handuk dan tisu

Sebelum berhubungan seks, letakkan beberapa handuk di bawah Anda untuk melindungi seprai dan kasur Anda. Selain itu, simpan tisu di dekat Anda agar untuk membersihkan vagina setelah seks selesai.

5. Pilih posisi misionaris

Berbaring telentang saat berhubungan seks dapat mengurangi aliran darah. Berhati-hatilah dengan penetrasi yang dalam karena serviks lebih rendah dan lebih sensitif selama menstruasi. Jika mulai menyakitkan, beri tahu pasangan dan lanjutkan perlahan.

6. Lakukan di bawah shower

Aliran shower dapat membantu menghilangkan aliran menstruasi. Hal ini membantu mengatasi kekacauan.

7. Pikirkan ulang foreplay

Menggunakan tangan saat foreplay bisa mengacaukan suasana kala berhubungan saat menstruasi. Jika ini mengganggu Anda atau pasangan, pertimbangkan cara lain untuk membuat satu sama lain terangsang. (ase)