Konsumsi Nanas Madu Bisa Merusak Ginjal, Mitos atau Fakta

Buah nanas
Sumber :
  • VIVA/ Ichsan Suhendra

VIVA – Indonesia merupakan salah satu negara penghasil nanas terbesar di dunia. Selain memiliki rasa segar, buah nanas memiliki kebaikan untuk kesehatan tubuh.

Salah satu manfaatnya, nanas mengandung banyak vitamin (A,B,K) dan mineral termasuk fosforus, zinc dan mangan. Mengonsumsi nanas bisa memperkuat daya tahan tubuh, memperlancar metabolisme, meningkatkan tingkat antioksidan dalam tubuh serta menambah energi agar Anda lebih semangat beraktivitas.

Belakangan jenis nanas madu banyak dijajakan para penjual di pinggir jalan. Nanas ini diyakini memiliki rasa lebih manis meski ukurannya lebih kecil dari nanas jenis lainnya.

Jika Anda pencinta nanas madu, walaupun nanas memiliki banyak manfaat kesehatan, Anda juga perlu tahu, ada mitos dan fakta tentang nanas yang harus Anda tahu. Berikut mitos dan faktanya seperti diungkapkan dalam program acara Ayo Hidup sehat di tvOne, Rabu 10 Juli 2019.

Nanas madu merusak ginjal

Spesialis Gizi Klinis, DR.dr. Samuel Oetoro MS, SpGK, mengenai nanas madu merusak ginjal, menurutnya, ini adalah mitos. Samuel mengatakan, kerusakan ginjal penyebab utamanya adalah orang melakukan diet tinggi protein. "Jadi jangan pernah Anda makan protein berlebihan. Mereka yang ingin berotot biasanya makan banyak protein, tapi konsumsi protein ada batasnya. Jika kelebihan, dia harus dibuang, jadi kerja ginjal berat sehingga mudah rusak," ujarnya.
 
Nanas bisa menstabilkan kolesterol

Ini fakta. Menurut Samuel, nanas mengandung tinggi serat. "Saat makan tinggi lemak atau kolesterol, lemak jadi diserapnya lebih sedikit karena yang lebih banyak diserap adalah serat."

Cegah kanker payudara

Karena mengandung tinggi antioksidan, nanas diyakini mampu membantu mencegah kanker payudara. "Antioksidan yang terkandung dalam buah nanas mulai dari betakaroten, zat warna kuning, bromelin. Itu semua antioksidan penangkal radikal bebas. Jika radikal bebas sangat berlebih, bisa memicu kanker."

Cegah osteoporosis

Mitos. Nanas mengandung kalsium yang jumlahnya sangat rendah. Nah jika ingin memperkuat tulang lebih baik konsumsi makanan yang mengandung tinggi kalsium seperti susu. Sementara nanas adalah buah yang mengandung tinggi serat. "Nah jika ingin mendapatkan manfaat kalsium lebih banyak jangan mengonsumsi makanan tinggi serat. Sebab serat bisa menganggu penyerapan kalsium."

Cegah mual

Ini fakta. Untuk orang yang mengalami mual, bisa mengonsumsi nanas karena buah ini memiliki rasa yang segar dan rasa asamnya bisa menetralisir mual.

"Tapi untuk yang punya masalah asam lambung, jangan konsumsi nanas."