Lima Rempah Dapur Ini Berkhasiat Cegah Flu dan Batuk

Ilustrasi jahe.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Cuaca yang cenderung panas dan berangin membuat kondisi tubuh rentan terserang pilek dan batuk. Terlebih, suhu yang sering berubah memicu daya tahan tubuh cenderung menurun.

Ternyata, tak sulit untuk mengatasi kondisi tersebut. Mengonsumsi beberapa jenis rempah-rempah yang sering dijumpai di dapur, ternyata ampuh untuk memperkuat imunitas tubuh serta mencegah pilek dan batuk di saat cuaca yang tak menentu ini.

Berikut beberapa jenis rempah yang bisa dikonsumsi, dikutip dari laman The Health Site, Jumat 12 Juli 2019.

1. Kunyit

Rempah ini digunakan di hampir setiap makanan yang ada di Indonesia. Kunyit yang dicampur dengan susu dapat menjadi makanan super bersifat antibiotik dan antiseptik. Dengan begitu, seluruh organ di tubuh dapat berfungsi dengan baik.

2. Biji kelabat

Dikenal dengan nama Fenugreek dan Methi di India, rempah yang satu ini ternyata kaya akan vitamin C dan A serta kalsium. Selain itu, kandungan antioksidannya mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Khasiat lain dari biji methi yaitu membantu menjaga gula darah terkendali.

3. Kayu manis

Kayu manis merupakan rempah istimewa. Khasiatnya terbukti dapat menjaga daya tahan tubuh dengan cara memecah sumber makanan karbohidrat, di mana membantu penyerapan nutrisi yang baik di tubuh. Proses ini juga memicu tubuh kenyang lebih lama sehingga menjaga bobot tubuh tetap ideal.

4. Jahe

Faktanya, rempah ini berkhasiat untuk menjaga daya tahan tubuh tetap sehat. Campuran jahe dengan teh dapat menjadi minuman sehat yang membantu mencegah pilek dan batuk.

5. Lada hitam

Rempah ini dikenal sebagai bahan yang bersifat anti inflamasi. Lada hitam berkhasiat juga untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kandungan baik di dalamnya mencakup antioksidan, anti bakteri serta pereda demam.