Konsumsi Minuman Manis Tiap Hari, Remaja 16 Tahun Nyaris Meninggal

Ilustrasi minuman ringan atau minuman bersoda.
Sumber :
  • Pixabay/ PDPics

VIVA – Pola makan tidak teratur ditambah konsumsi yang rendah serat, menjadi pemicu sejumlah masalah kesehatan seperti diabetes dan obesitas. Bahkan, akibat kebiasaan buruk tersebut, seorang remaja berusia 16 tahun dikabarkan hampir meninggal karena pola makan yang tidak imbang. 

Remaja bernama Xiao Ying itu harus dilarikan ke rumah sakit setelah ia tiba-tiba pingsan suatu hari. Seperti dilansir dari Wolrd of Buzz, Xiao Ying selalu memiliki nafsu makan yang baik sampai suatu hari, ia mulai merasa sangat haus dan minum air terus menerus.  

Dia juga kehilangan nafsu makan, merasa gelisah, mengalami mual dan muntah.  Setelah itu, dia tiba-tiba pingsan dan dilarikan ke rumah sakit. 

Yang mengejutkan dokter, ketika mereka memeriksanya mereka menemukan bahwa kadar gula darah Xiao Ying setidaknya 20 kali lebih tinggi daripada orang normal. Ia datang dengan kondisi 124mmol/L sedangkan kadar gula darah orang normal biasanya sekitar 3,9 dan 6,1mmol/L.

Dokter menjelaskan bahwa kesehatan Xiao Ying berada dalam kondisi buruk sehingga dia hampir mati. Dia dilaporkan menderita ketoasidosis diabetik karena gula darah yang sangat tinggi sehingga menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit yang parah. Kondisi ini bisa mengakibatkan kegagalan banyak organ dan memiliki tingkat kematian yang tinggi.

Untungnya, setelah perawatan darurat, dokter berhasil menyelamatkan Xiao Ying dan menariknya kembali dari ambang kematian. Dokter kemudian mengetahui kalau Xiao Ying memiliki pola makan yang sangat tidak seimbang di rumah. Itulah sebabnya pada usia 16 tahun, ia mengalami obesitas dan beratnya 100kg.

Ternyata, ia sering makan makanan tidak sehat seperti barbecue, makanan yang digoreng dan minuman dengan gula tinggi seperti soda dan teh susu setiap hari. Dia juga tidak cukup minum satu cup dan bahkan meminumnya seperti minum air putih. Dia juga akan makan kapan saja dia mau.

Dokter mengatakan bahwa ini adalah pertama kalinya dia bertemu seorang pasien dengan kadar gula darah setinggi itu. Dia menambahkan, gula dalam darah Xiao Ying sangat tinggi sehingga mirip dengan kandungan minuman berpemanis.  

Orang tua Xiao Ying dibuat terkejut dengan peristiwa ini karena mereka tidak menyadari bahwa kondisi kesehatan anaknya sangat buruk. Xiao Ying juga didiagnosis menderita diabetes tipe 2 dan disarankan untuk mengendalikan dietnya. Setelah kejadian dramatis ini,  Xiao Ying berjanji akan menurunkan berat badan dan tetap sehat.(nsa)