Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 19 Juli 2019 | 15:56 WIB

Sering Dihindari, Bandeng Ternyata Lebih Bergizi Dibanding Salmon

Team VIVA »
Adinda Permatasari
Diza Liane Sahputri
Foto :
  • VIVAnews/Fernando Randy
Penjualan Ikan Bandeng Imlek

VIVA – Ikan bandeng adalah salah satu ikan yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat di indonesia. Tak heran ikan bandeng banyak diolah menjadi berbagai masakan seperti pindang, presto bahkan otak-otak.

Tapi, ikan payau ini memiliki duri yang cukup banyak sehingga tak sedikit yang enggan mengonsumsinya. Meski begitu, ikan bandeng memiliki nutrisi yang cukup tinggi seperti vitamin dan mineral. Bahkan, kandungan omega 3 ikan bandeng 6 kali lebih besar dari ikan salmon.

Baca Juga

"Omega 3 ikan bandeng lebih tinggi dari ikan salmon yaitu 1,8 gram. Selain itu, kalsium di tulang ikan bandeng lebih tinggi dibanding dengan tulang lain," ujar spesialis gizi klinis dr. Nessa Sp.GK., dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Jumat 19 Juli 2019.

Selain itu, kandungan omega 3 dari ikan bandeng tersebut juga ampuh mencegah penyakit jantung koroner. Sebab, omega 3 dapat memangkas kolesterol pemicu penyakit jantung.

Terpopuler

Omega 3 ikan bandeng berkhasiat pula bagi ibu hamil. Jika dikonsumsi dan diserap janin, maka perkembangan otak janin dapat tumbuh maksimal

"Omega 3 dibutuhkan untuk perkembangan otak janin saat di dalam rahim," kata dia.

Adapun kandungan lain dari ikan bandeng yang juga berkhasiat baik bagi tubuh yaitu vitamin B6. Asupan vitamin B6 tersebut dapat diserap untuk kesehatan rambut.

"Vitamin B6 cocok untuk kesehatan rambut. Ikan bandeng memiliki kadar vitamin B6 sebesar 0,6mg," jelasnya. (ldp)

Topik Terkait
Saksikan Juga
5 Kota dengan Penduduk Berumur Panjang
TVONE NEWS - 3 bulan lalu