Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 19 Juli 2019 | 17:19 WIB

Tak Hanya Mengejan, Duduk Lama Juga Picu Ambeien

Team VIVA »
Tasya Paramitha
Diza Liane Sahputri
Foto :
  • Freepik/yanalya
Ilustrasi gaya hidup sedentari/sakit pinggang/wasir.

VIVA – Wasir, ambeien atau hemorid adalah kondisi di mana adanya penekanan pada pembuluh vena yang menimbulkan munculnya benjolan akibat peradangan di area anus. Selain rasa tidak nyaman, kehadiran sensasi nyeri kerap mengintai pengidap ambeien.

Pemicu ambeien cukup beragam namun kebiasaan mengangkat beban berat berpotensi lebih besar. Tak hanya itu, sering mengejan turut berisiko meningkatkan peluang terjadinya ambeien.

Baca Juga

"Angkat beban berat sebabkan wasir, terutama yang suka mengejan bisa sebabkan wasir. Kedua hal itu memicu pembuluh darah vena di sekitar anus bisa menyempit dan di situlah timbul wasir," ujar spesialis bedah, dr Tony Sukentro SpB., dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Jumat, 19 Juli 2019.

Begitu pula dengan kondisi obesitas atau kegemukan, berpotensi memicu wasir di tubuh. Sebab, pembuluh darah vena juga menyempit akibat penekanan oleh bobot tubuh yang besar.

Terpopuler

"Sirkulasi di pembuluh darah vena di area anus terhambat seiring dengan penekanan dari besarnya bobot tubuh seseorang," kata dia.

Terhambatnya sirkulasi darah di pembuluh darah vena tersebut juga kerap dialami pada mereka yang terbiasa duduk terlalu lama. Tak jarang, mereka yang gemar duduk terlalu lama berisiko besar alami ambeien.

"Mereka yang kerjanya banyak duduk, menjadi faktor penyebabnya wasir. Ada penurunan sirkulasi darah vena dan kerusakan vena di sekitar anus ini disebabkan penekanan akibat duduk terlalu lama," ucapnya. (ldp)

Topik Terkait
Saksikan Juga
5 Kota dengan Penduduk Berumur Panjang
TVONE NEWS - 3 bulan lalu