Selain Halusinasi, Ini Efek Mengerikan Sabu yang Dikonsumsi Nunung

Komedian Nunung
Sumber :
  • Instagram/@Nungers63.id

VIVA – Komedian Nunung ditangkap polisi terkait kasus narkoba. Nunung ditangkap oleh Ditres Narkoba Polda Metro Jaya bersama dengan sang suami di kediamannya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Jumat, 19 Juli 2019.

Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat dihubungi VIVA, Jumat, 19 Juli 2019, mengatakan Nunung dan suaminya terbukti positif menggunakan sabu. Selain itu ditemukan juga barang bukti berupa sabu seberat 0,36 gram.

Kasus Nunung menambah deretan artis yang tertangkap karena kasus narkoba. Tidak sedikit selebriti yang tertangkap karena penggunaan sabu. Dalam keterangannya, Nunung mengaku menggunakan sabu untuk menambah stamina dalam bekerja. Seperti apa sih efek dan dampak negatif menggunakan sabu?

Dilansir laman WebMD, mengonsumsi sabu bisa memicu efek instan euforia. Sekali minum, tak butuh waktu lama efek kesenangan itu bisa muncul. Namun penggunaannya sangat berbahaya dan dapat merusak organ tubuh serta menimbulkan masalah psikologis serius.

Efek psikologis yang dirasakan biasanya pengguna menjadi paranoid. Selain itu pengguna juga akan merasakan halusinasi seperti mendengar dan melihat hal-hal yang sebenarnya tidak ada. Di lain sisi, banyak ditemukan kasus pengguna yang berpikir ingin melukai dirinya sendiri bahkan orang lain.

Seorang pengguna akan merasa cemas dan bingung, tidak bisa tidur, bahkan memiliki perubahan suasana hati, cenderung menjadi kasar. Sabu sangat berbahaya bagi tubuh. Sebab, narkotika yang juga dikenal dengan sebutan crystal meth ini dapat membuat suhu tubuh meningkat. Dampaknya, pengguna bisa pingsan atau bahkan mati.

Tak hanya itu, pengguna sabu juga memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena HIV/ AIDS. Sabu dapat menurunkan pengendalian diri. Seseorang yang berada di bawah pengaruh obat ini lebih mungkin terlibat dalam perilaku berisiko, seperti seks yang tidak aman.

Sekilas pengguna sabu memiliki ciri tertentu. Tanda orang menggunakan sabu, antara lain tidak peduli dengan penampilan diri, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, pupil mata melebar dan gerakan mata cepat. Selain itu, penggunaan sabu jangka panjang akan memengaruhi tingkah laku (menjadi berlebihan) dan berbicara terus menerus.

Pengguna juga memiliki perubahan suasana hati yang tinggi, sehingga ketika marah bisa meledak-ledak. Pola tidur berantakan sehingga kuat untuk tidak tidur selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. (ase)