Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 22 Juli 2019 | 10:04 WIB

Nunung 20 Tahun Pakai Sabu, Kenali Tanda Khas Pecandu Lama

Team VIVA »
Rochimawati
Diza Liane Sahputri
Foto :
  • Instagram/@Nungers63.id
Nunung

VIVA – Polisi sudah merampungkan pemeriksaan terhadap komedian Nunung, bersama suaminya, July Jan Sambiran terkait kasus kepemilikan sabu. Dari hasil pemeriksaan diketahui, Nunung telah menggunakan sabu sejak 20 tahun yang lalu. Suami Nunung, bahkan sudah sejak 24 tahun menggunakan barang haram itu.

"Pengakuan tersangka NN dan suaminya JJ sudah dituangkan juga dalam berita acara itu betul diakui sudah awal penggunaan 20 yang lalu dan JJ bahkan lebih. Sekitar 24 tahun yang lalu,” kata Kasubdit 1 Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, AKBP Calvin Simanjuntak di Mapolda Metro Jaya, Minggu 21 Juli 2019.

Baca Juga

Mengenali seseorang sebagai pecandu atau pengguna narkoba memang bukan perkara mudah, karena tak sedikit yang sangat lihai menyembunyikannya. Namun, hal tersebut bukan berarti para pecandu narkoba tidak dapat dikenali sama sekali.

Pada umumnya, mereka memiliki berbagai tanda yang khas, baik dari sikapnya maupun perubahan di tubuh. Berikut tanda khas yang bisa menjadi tanda seseorang sebagai pecandu narkoba dikutip dari laman Drug Abuse, Senin 22 Juli 2019.

Terpopuler

Tanda fisik

Tanda fisik ini seringnya tak terlalu nampak, terlebih pada mereka yang sudah menggunakan narkoba sejak lama. Tubuhnya cenderung sudah beradaptasi dan tak menunjukkan perubahan berarti.

Hanya saja, tanda fisik ini sebenarnya bisa dikenali jika lebih jeli memperhatikan antara lain pupil yang cenderung dilatasi atau kontraksi, perubahan berat badan yang drastis (naik maupun turun), perubahan pada kulit, dan sulit tidur sehingga mata tampak seperti agak membengkak.

Perubahan sikap

Narkoba cenderung membuat perubahan sikap karena efek obat yang merusak kemampuan otak untuk fokus dan berpikir jernih. Biasanya mereka yang menjadi pecandu lama, akan sulit untuk berpikir dengan baik.

Selain itu, mereka mengalami perubahan kepribadian yang dramatis. Tak sedikit juga yang sering nampak berenergi berlebihan.

Jika tanda tersebut ada pada seseorang yang dekat dengan Anda, segera hubungi pihak berwajib untuk mencegah kecanduan yang terlalu lama atau bahkan kondisi overdosis. (art)

Srimulat disebut sarang narkoba usai kasus Nunung. Tarzan langsung emosi mendengarnya! Lihat dalam video di bawah ini:

Topik Terkait