Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 22 Juli 2019 | 11:01 WIB

Pakai Sabu Selama 20 Tahun Seperti Nunung, Organ Tubuh Bisa Rusak

Team VIVA »
Tasya Paramitha
Bimo Aria
Foto :
  • Foto dokumen Polda Metro Jaya
Nunung ditangkap polisi karena kasus narkoba.

VIVA – Kabar kurang mengenakan datang dari komedian Nunung. Baru-baru ini ia terjerat kasus narkoba lantaran tertangkap menggunakan sabu bersama dengan suaminya.

Belakangan diketahui bahwa Nunung menggunakan barang haram tersebut sejak kurang lebih 20 tahun lalu. Nunung sempat disarankan untuk berhenti menggunakan narkoba oleh suaminya. Namun, imbauan itu tidak dihiraukan. Justru keduanya masih tetap ketergantungan dengan barang haram tersebut.

Baca Juga

Padahal, penggunaan sabu dalam jangka waktu yang lama tentunya memberikan dampak negatif pada tubuh dan kesehatan. Dokter Adiksi dari Institute of Mental Health Addiction and Neuroscience (IMAN) Jakarta, dr Hari Nugroho, M.Sc mengatakan bahwa penggunaan sabu dapat berdampak pada mental dan perilaku penggunanya.

"Pada intinya, kalau dia memakai sabu, dia mengalami addict. Yang kedua bisa jadi muncul gangguan perilaku atau mentalnya. Itu banyak terjadi di kasus-kasus serupa, bagaimana dia mengalami gangguan jiwa, halunsinasi, parno, kemudian jadi agresif," ucap Hari saat dihubungi VIVA, Senin, 22 Juli 2019.

Terpopuler

Bukan hanya berdampak pada mental, penggunaan sabu dalam waktu yang lama juga akan berdampak pada rusaknya organ-organ di dalam tubuh. Hal ini pada akhirnya bisa berujung kematian.

"Jadi secara fisik karena sifatnya yang stimulan, kerja jantung jadi lebih berat, bisa timbul hipertensi dan banyak kasus kasus juga. Jadi metamfetamin bisa menyebabkan kasus stroke, yang terjadi sebelum overdosis, irama jantung jadi terganggu sampai mengancam nyawa dan ada yang meninggal," kata dia.

Sebagaimana diketahui, pada  Jumat, 19 Juli 2019, aparat kepolisian dari Polda Metro Jaya menangkap Nunung di kediamannya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Nunung diamankan bersama suaminya, July Jan Sambiran dan seorang kurir yang bernama Hadi Moheriyanto alias Hery.

Saat polisi menggerebek, ditemukan barang bukti sabu seberat 0,36 gram dan sejumlah uang dari tangan Hadi. Uang tersebut diduga hasil pembelian narkoba jenis sabu dari Nunung kepada Hadi. (nsa)

Srimulat disebut sarang narkoba usai kasus Nunung. Tarzan langsung emosi mendengarnya! Lihat dalam video di bawah ini:

Topik Terkait