Temukan Diet Tepat Lewat Air Liur

Ilustrasi diet.
Sumber :
  • Pexels/rawpixel.com

VIVA – Mendapatkan tubuh sehat dan ideal merupakan dambaan setiap orang. Meski demikian, nyatanya juga tidak mudah untuk mendapatkannya meski telah melakukan diet teratur dan olahraga. 

Berbagai macam faktor seperti masalah stres yang berkepanjangan, kurang tidur, salah melakukan olahraga memengaruhi diet yang tengah dijalani. Namun, juga yang tak kalah penting dari semua itu ialah faktor genetik.

Untuk itu, penting menyesuaikan diet yang tepat berdasarkan faktor genetik. Belakangan, ada cara mudah untuk mengetahui diet yang tepat agar mendapatkan tubuh ideal, yakni hanya dengan menggunakan air liur. 

"Berkat teknologi yang ada sekarang, ada rahasia sehat yang namanya NutriDNA. Jadi, orang tersebut nanti akan diminta untuk meludah, tindakan ini tidak akan menimbulkan rasa sakit sama sekali untuk semua orang," ungkap dokter dari The Clinic Beautylosophy dr Danu Mahandaru, SpBP-RE, dalam keterangan persnya yang diterima VIVA, Senin, 22 Juli 2019. 

Melalui air liur tersebut, lanjut Danu, dokter akan memeriksa DNA pasien. Danu mengungkapkan bahwa DNA adalah salah satu hal yang tidak akan akan pernah berubah sejak lahir hingga akhir hayat.

"Tahap awal yang dilakukan adalah pemeriksaan genetik menggunakan air liur pasien, dari air liur tersebut dokter akan memeriksa 45 gen yang dibagi menjadi enam panel kesehatan. Enam panel tersebut di antaranya adalah Nutrient Metabolism, Cardio Metabolic Health, Weight Management and Body Composition, Food Intolerance, Eating Habits, dan Fitness and Physical Activity," kata Danu menjelaskan

Dengan melakukan treatment ini, dokter bisa memeriksa gen dari pasien. Dari situlah dokter bisa menentukan metode diet seperti apa yang tepat untuk pasien. 

"Melakukan diet berdasarkan komposisi DNA merupakan cara yang paling efektif untuk mengurangi berat badan terutama bagi orang yang menderita obesitas. (nsa)