Rahasia Resep Jamu Favorit Jokowi, Ampuh Jaga Kebugaran

Presiden Joko Widodo saat meminum Jamunya.
Sumber :
  • instagram @jokowi

VIVA – Jamu menjadi minuman tradisional yang sudah diturunkan dari generasi ke generasi di Indonesia. Minuman herbal ini tidak dimungkiri memiliki banyak sekali manfaat sehat. Khasiatnya macam-macam, mulai dari mengatasi pegal hingga meningkatkan kebugaran.

Jamu juga menjadi bagian dari tradisi keluarga Indonesia, tak terkecuali Presiden Joko widodo. Ia diketahui rutin mengonsumsi jamu setiap pagi sebelum memulai aktivitasnya.

Baru-baru ini, melalui unggahan di Instagram pribadinya, Jokowi berbagi resep jamu andalan yang selalu diminumnya. Dalam unggahan itu, ia menuliskan bahwa caranya menjaga kebugaran tidak ada yang istimewa, hanya ramuan sederhana semata.

"Biasanya, saya kalau pagi sebelum beraktivitas minum jamu dari campuran temulawak, jahe, dan kunyit," ujarnya dalam sebuah video singkat di Instagram, Selasa, 23 Juli 2019.

Jokowi kemudian melanjutkan dengan berbagi resep membuat jamu favoritnya itu. Caranya pun tak rumit, mudah sekali untuk diikuti.

"Jadi, jahe ditumbuk atau dirajang-rajang, temulawak ditumbuk dirajang-rajang, kunyit juga. Kemudian diseduh air panas, disaring, kemudian diminum," lanjutnya.

Jokowi mengungkap, kebiasaan minum ramuan jamu ini sudah dilakukannya sejak 17-18 tahun lalu. Kebiasaan ini masih terus dilakukannya hingga sekarang sebagai cara menjaga kebugaran tubuh.

Kebiasaan meminum jamu ini ternyata juga menurun kepada putranya, Gibran Rakabuming. Berbeda dengan Jokowi yang punya ramuan jamu khusus, Gibran mengaku meminum jamu jenis apa saja yang tersedia.(nsa)