Makan Macam-macam dalam Porsi Sedang Justru Naikkan Berat Badan

Ilustrasi makan.
Sumber :
  • Pixabay/ rawpixel

VIVA – Apakah Anda salah satu orang yang meyakini bahwa mengonsumsi segala sesuatu dalam jumlah sedang dapat membantu Anda mengontrol berat badan? Tapi nampaknya, Anda harus memikirkan ulang.

Kebanyakan orang berpikir, jika mereka makan segala sesuatu dalam jumlah sedang, itu tidak akan memengaruhi lingkar pinggang mereka, tetapi kenyataannya justru sebaliknya.

Dilansir dari Times of India, dalam penelitian terbaru disebutkan bahwa makan secukupnya justru dapat menyebabkan kenaikan berat badan, bukan penurunan berat badan.

Karena dengan makan secukupnya, orang cenderung untuk mencicipi makanan lain. Mencicipi makanan yang berbeda secara teratur tidak hanya mengarah pada kenaikan berat badan, tetapi juga meningkatkan risiko diabetes selama 10 tahun, ungkap sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE.

Studi ini dilakukan pada 7000 orang, di mana para peneliti mencatat kebiasaan makan mereka, asupan kalori dan jumlah makanan yang berbeda yang mereka makan dalam seminggu.

Hasilnya cukup mengejutkan. Orang yang mencoba variasi makanan memiliki kemungkinan 120 persen lebih tinggi untuk meningkatkan ukuran pinggang dan lebih cenderung menambah berat badan dibanding mereka yang lebih memilih pada beberapa makanan yang hanya mereka sukai.

Alasannya, karena semua rasa pada makanan dapat membuat Anda mengabaikan sinyal kelaparan dan makan lebih banyak. Mereka hanya mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, gula dan pengawet tambahan dibanding berfokus pada manfaat makan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian utuh.

Kualitas makan Anda sangat penting jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan dibanding hal lainnya. Namun, penelitian ini tidak menyarankan untuk menjauhkan Anda dari menikmati sepotong kue pada acara-acara khusus, tetapi menyarankan lebih baik berfokus pada beberapa makanan sehat daripada memanjakan diri dengan banyak jenis makanan.