Ibu Hamil dan Penderita Diabetes Bolehkah Konsumsi Tauco?

Tauco
Sumber :
  • Dokumentasi Ayo Hidup Sehat tvOne

VIVA – Dikenal dengan nama tauco, olahan bumbu yang terbuat dari kacang kedelai (glycine max) yang direbus lalu dihaluskan dan diaduk dengan tepung terigu kemudian dibiarkan sampai tumbuh jamur (fermentasi) ini sering digunakan untuk menambah rasa dalam aneka masakan.

Tauco juga merupakan bumbu asli Indonesia yang memiliki rasa serta aroma sangat khas, sehingga banyak orang yang menggemarinya. Bukan cuma sebagai penambah rasa dan aroma makanan, tauco ternyata memiliki banyak manfaat.

Meski manfaatnya tidak langsung bisa dirasakan, tapi karena tauco terbuat dari bahan dasar kedelai, maka bumbu ini ternyata mengandung protein tinggi. Dokter Gizi dr Marya W Haryono, Mgizi, SpGK juga mengungkap, tauco ternyata juga kaya akan antioksidan.

"Poses fermentasi inilah yang menjadikan tauco ini kaya akan antioksidan. Protein yang bagus baik untuk otot, termasuk otot jantung. Kecukupan antioksidan ini juga bagus menjaga kerja jantung agar optimal," kata Marya dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, Kamis 25 Juli 2019.

Tak hanya baik untuk menjaga kesehatan jantung, untuk penderita diabetes dan ibu hamil, mengonsumsi tauco juga sangat bermanfaat.

"Ada yang bilang orang diabetes enggak boleh konsumsi tauco, itu mitos. Malah boleh sekali mengkonsumsi ini (tauco) penderita diabetes. Tauco bisa menggantikan penguat rasa dan kandungan gula pada tauco tidak terlalu tinggi. Tambahan seratnya juga oke,  antioksidannya oke, jadi bagus sekali untuk penderita diabetes," katanya.

Sedangkan untuk wanita yang sedang mengandung, mengonsumsi tauco justru dianjurkan untuk kesehatan pencernaan. Sebab, makanan yang difermentasi, kata Marya, sangat baik untuk kesehatan saluran pencernaan.

"Karena biasanya ada bakteri-bakteri baik yang akrab dengan usus kita. Jadi bakteri baik inilah yang akan mendukung banyak sekali proses kesehatan dalam tubuh manusia. Yang paling simpel otomatis pencernaan jadi lancar," kata Marya.

Namun, meski tauco baik dikonsumsi ibu hamil, cara mengonsumsinya tetap harus diperhatikan. Ini penting diingat agar tidak terjadi masalah kesehatan. "Khusus ibu hamil, tauconya harus matang," katanya.

Sementara khusus untuk penderita hipertensi, jika ingin mengonsumsi tauco, waspada kandungan natrium yang ada dalam bumbu satu ini.

"Kalau yang kemasan pabrik mungkin ada tambahan-tambahan yang membantu daya pakainya jadi lama, ditambahkan natrium yang alami. Natrium itu hubungannya dengan hipertensi. Jadi memang sama seperti pemakaian penyedap lainnya, ini juga secukupnya saja, khusus yang menderita hipertensi," pesannya. (rna)