Buah Lo Han Kuo Ampuh Bikin Kulit Mulus

Ilustrasi kecantikan/wanita.
Sumber :
  • Pixabay/Laleyla

VIVA – Buah lo han kuo adalah salah satu tanaman obat tradisional Tiongkok yang sejak lama telah digunakan sebagai obat untuk meredakan batuk. Kaya akan kandungan mineral, vitamin dan aktioksidan, lo han kuo baik bagi kesehatan.

Ragam manfaat lo han kuo seperti untuk kesehatan pencernaan, kesehatan kulit bahkan bisa menurunkan berbagai risiko penyakit seperti kanker, diabetes. Salah satu yang sudah terbukti, yaitu mampu meredakan batuk.

"Sudah turun temurun terbukti bahwa lo han kuo ada berbagai antioksidan yang mampu mengencerkan dahak dan meredakan batuk. Jika sudah konsumsi lo han kuo dan masih batuk, disarankan untuk ke dokter," ujar spesialis farmakologi klinis, dr. Tulus Satriasih, Sp.FK., dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Jumat 26 Juli 2019.

Kandungan antioksidan dalam lo han kuo juga terbukti baik untuk mengatasi panas dalam. Buah ini pun mengandung senyawa esensial lain yang mampu bekerja sebagai antiinflamasi.

"Salah satu gejala panas dalam adalah tubuh yang merasa panas. Dengan antioksidan dan antiinflamasi buah lo han kuo maka dapat meredakan gejala tersebut," paparnya.

Berbagai vitamin dan mineral juga terkandung di dalamnya dan dapat memberi manfaat baik pada tubuh. Terbukti kandungan tersebut mampu menjaga kesehatan kulit bahkan pada tumbuh kembang janin.

"Ada mineral dan vitamin terutama vitamin c untuk bantu bentuk kolagen. Kalau kolagen cukup bisa membuat kulit sehat dan lebih mulus serta vitamin dan mineral bisa mendukung kesehatan janin dan ibu hamil, namun bukan sebagai pengganti obat," tutur Tulus. (nsa)