5 Makanan Lezat Ini Bisa Bikin Vagina Sehat

Ilustrasi vagina/organ intim.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Menjaga kesehatan organ intim tentu sangat penting dilakukan. Namun, jangankan untuk menjaga kesehatannya, membersihkannya dengan cara yang benar pun masih banyak yang enggan melakukannya.

Padahal, kesehatan organ intim yang buruk berisiko menimbulkan masalah kesehatan yang sangat serius, salah satunya kanker vagina. Sebenarnya, menjaga kesehatan vagina tidaklah sulit, salah satu cara sederhana yang bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi makanan sehat.

Lalu, apa saja makanan yang dimaksud? Dilansir dari Times of India, Senin, 29 Juli 2019, berikut lima makanan yang tak hanya lezat, tapi juga dapat membantu menjaga kesehatan vagina Anda.

1. Apel

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Archives of Gynecology and Obstetrics, wanita yang makan apel setiap hari melaporkan memiliki kesehatan seksual yang lebih baik, meliputi kepuasan seksual, kemampuan untuk terangsang dan kemampuan untuk orgasme.

2. Sayur, kacang-kacangan dan biji-bijian

Semuanya kaya akan serat. Serat yang dimaksud adalah prebiotik yang baik untuk kesehatan vagina. Serat mampu memelihara bakteri baik di usus Anda. Cara terbaik untuk menjaga kesehatan vagina Anda adalah dengan menjaga kesehatan usus besar Anda, karena sebagian besar bakteri berasal dari usus besar. Konsumsi 25 gram serat per hari untuk meningkatkan kesehatan vagina.

3. Salmon

Konsumsi salmon memberi Anda vitamin D dan asam lemak omega 3. Kedua nutrisi tersebut penting untuk menjaga kesehatan vagina. Salmon diketahui dapat meningkatkan sirkulasi darah secara keseluruhan, yang juga dapat meningkatkan aliran darah.

4. Yogurt

Yogurt mengandung probiotik yang mendukung mikroflora dan membantu mencegah infeksi saluran kemih, infeksi ragi dan bakteri vaginosis. Kalsium dalam yogurt juga dapat membantu memperbaiki gejala PMS, menurut penelitian lain.

5. Buah-buahan

Menurut sebuah studi di University of Pennsylvania School of Medicine, wanita yang makan dua porsi atau lebih buah setiap hari, memiliki risiko 11 persen lebih rendah mengalami fibroid rahim yang dapat menyebabkan nyeri panggul dan menstruasi tidak teratur, dibanding dengan mereka yang mengonsumsi buah kurang dari dua porsi per hari.

Menjaga tubuh tetap terhidrasi merupakan kunci utama untuk menjaga kesehatan vagina Anda. Hidrasi dapat menjaga area vagina tetap lembap dan terlumasi. Untuk itu, dianjurkan juga untuk minum air putih yang cukup. (ase)