Diyakini Atasi Diabetes, Daun Insulin Hanya Jadi Tanaman Hias di Amrik

Daun insulin
Sumber :
  • youtube

VIVA – Beberapa waktu belakangan masyarakat heboh dengan informasi yang menyebut soal daun yang efektif mengatasi diabetes. Namanya daun insulin atau nama ilmiahnya Tithonia diversifolia.

Berbentuk lebar, daun insulin ternyata berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Meski di Amerika daun ini hanya digunakan sebagai tanaman hias, namun ternyata di masyarakat Indonesia meyakini daun insulin memiliki khasiat bagi kesembuhan, dan digunakan sebagai obat herbal.

Dilansir laman NCBI sebuah penelitian yang ditebitkan dalam Jurnal 'A Review on Insulin Plant' bahwa daun insulin banyak digunakan sebagai herbal untuk mengatasi diabetes di India. 

Tak hanya itu, hasil ekstraksi daun insulin diketahui juga menunjukkan bahwa daun ini mengandung senyawa antioksidan dan senyawa fitokimia. Namun benarkah khasiatnya untuk mengatasi diabetes?

Spesialis gizi klinis dr. Lonah, Sp.FK akan membahasnya dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, Selasa, 30 Juli 2019, jam 13.00-14.00 WIB.

Tak hanya soal daun insulin, AHS kali ini juga akan membahas soal bahaya makanan yang dibakar dan kaitannya dengan risiko kanker. Topik ini akan dipandu oleh Spesialis Gizi Klinis dr. Juwalita Surapsari, Sp.GK. 

Jika Anda tak sempat menyaksikannya di layar kaca, AHS juga akan tayang live streaming di laman ini. (rna)