Kenali 3 Tanda Serius Kolesterol Anda Naik

Ilustrasi sakit kepala
Sumber :
  • pixabay/publicdomainpictures

VIVA – Meningkatnya kadar kolesterol menjadi hal yang harus diwaspadai. Selain gejala yang mengganggu, meningkatnya kadar kolesterol juga mampu memicu penyakit berbahaya.

Kolesterol adalah lemak yang terdapat di dalam darah. Lemak ini sebenarnya dapat membantu reproduksi sel sehat, hormon, hingga vitamin D. Meski dibutuhkan, jumlah kolesterol yang ada di dalam darah seharusnya tetap dikontrol agar tidak terlalu tinggi. 

Karena jika berlebihan kolesterol akan tertimbun dan menjadi plak di sepanjang pembuluh darah arteri. Hal itu menyebabkan aliran darah terhambat. 

Ketika kadar kolesterol meningkat, ada gejala-gejala yang cukup mengganggu aktivitas. Sebaiknya Anda memahami beberapa gejalanya untuk menghindari hal yang lebih fatal.

Dilansir laman WebMD, berikut ini 3 gejala yang paling umum dirasakan saatkolesterol menyerang

1. Sakit Kepala di bagian belakang. Sakit ini langsung reda setelah serangan kolesterol tinggi mereda.

2. Nyeri Dada di bagian depan hingga ke lengan. Nyeri akan terasa lebih menyiksa jika kolesterol naik berbarengan dengan perasaan tertekan atau stres berlebihan.

3. Gangguan Pencernaan. Selain itu tingginya kadar kolesterol dapat menciptakan ketidakseimbangan empedu, hingga munculnya batu empedu. 

Tinggiya kadar kolesterol juga dipicu oleh konsumsi beberapa jenis makanan. Apa saja? Untuk menjawab hal itu, pakar Gizi Klinis dr Ida Gunawan, MS, SpGK(K) akan membahasnya dalam tayangan Ayo Hidup Sehat (AHS) di tvOne Kamis 1 Agustus 2019. AHS juga akan tayang live streaming di laman ini ukul 13.00-14.00 WIB. (ldp)