Buah Bit Bisa Cegah Kanker Ternyata Cuma Mitos

Buah bit.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Buah bit merupakan tanaman sejenis umbi yang berwarna ungu kemerahan dan berbentuk menyerupai kentang. Biasanya buah bit dikonsumsi dengan cara dijus atau diolah dengan campuran buah atau sayuran lain karena memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. 

Tidak hanya digunakan untuk menurunkan berat badan pagi para pelaku diet, tapi buah yang berwarna merah pekat ini juga dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit kanker. Sayangnya, hal tersebut hanya mitòs. Meski terdapat antioksidan di dalamnya, buah bit tak mampu untuk mencegah kanker.

"Antioksidan hanya sedikit dari buah bit yang bisa cegah kanker. Apalagi penyebab kanker itu multifaktorial," ujar dr. Wawaimuli Arozal, M.Biomed, PhD dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Jumat 2 Agustus 2019.

Meski begitu, buah bit ternyata ampuh untuk menjaga bentuk tubuh tetap ideal. Itu ditengarai adanya banyak serat di dalam buah bit yang membuat kenyang lebih lama.

"Sehingga membuat orang tidak mudah konsumsi makanan lainnya yang akhirnya bisa menjaga berat badan," paparnya.

Bahkan, kandungan baik di dalam buah bit bisa menjaga kesehatan darah. Di mana terdapat kandungan asam folat yang baik untuk pengidap anemia.

"Asam folat berfungsi untuk meningkatkan oksigen atau Hb di dalam darah," kata dia. (tsy)