Ketombe Bisa Picu Rambut Rontok dan Mudah Patah

Gatal karena ketombe.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Hampir sebagian besar orang tahu bahwa ketombe muncul dari kulit kepala yang kotor. Padahal tak banyak yang tahu bahwa sebenarnya ketombe dan kulit kepala yang kotor juga lebih mudah merusak rambut.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Head & Shoulders menemukan bahwa ketombe bukan sekadar kotoran di kulit kepala, namun lebih jauh dapat menghambat pertumbuhan rambut sehingga memicu produksi rambut yang tidak sehat, lebih lemah dan mudah patah.

Penelitian itu juga menulis bahwa rambut yang tumbuh dari kulit kepala yang iritasi akibat ketombe ternyata menimbulkan kerusakan rambut yang lebih fatal. Apalagi kulit kepala yang gatal akan memicu seseorang untuk menggaruk kepala lebih sering, hal itu juga membuat rambut mudah rontok dan menipis.

Dilansir rilis yang diterima VIVA beberapa waktu lalu, menyebutkan bahwa penelitian itu dilakukan dengan melibatkan 64 persen penduduk di dunia terkhusus bagi responden yang mengalami masalah kerusakan rambut.

Senior Communications Manager P&G Indonesia, Ovidia Nomia mengatakan ketombe dapat melemahkan rambut.

"Tanpa disadari sebenarnya ketombe itu dapat melemahkan rambut karena rambut yang tumbuh dari kulit kepala teriritasi ketombe mengalami kerusakan permukaan, dan mempunyai struktur protein yang lemah."

Hal ini dikarenakan kesehatan kulit kepala kurang diperhatikan sehingga timbulnya ketombe, biasanya orang dengan kandungan minyak dan kelenjar keringat berlebihan akan memproduksi jumlah minyak dan keringat lebih banyak.

Diketahui produksi keringat dan minyak berlebih pada rambut rentan menyerap polutan lingkungan seperti asap, bau memasak, dan aroma kuat lainnya, sehingga membuat kulit kepala tidak sehat, timbul ketombe, dan rambut jadi mudah rontok, rusak dan bau.

Masalah ketombe dan rambut tipis (karena rontok) bisa diatasi dengan menggunakan bahan aktif zinc pirition (ZPT). Namun sayangnya, cukup jarang produk pembersih rambut dan sampo yang memiliki kandungan tersebut dalam produknya.

"Ini varian terbaru Head & Shoulders Tebal dan Kuat. Dengan bahan aktif ZPT mampu menghilangkan ketombe dan kerusakan rambut. Hasilnya membuat rambut 2 kali lebih lebat, lebih kuat," ujarnya. 

Lebih lanjut ia mengatakan sampo ini memiliki formula Advanced Mickening Treatment. "Ini formula yang diisi dengan kafein dan vitamin yang dapat menebalkan setiap helai rambut sehingga dapat sempurnakan keutuhan rambut mulai dari kulit kepala." (nda)