Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 6 Agustus 2019 | 00:05 WIB

Jamu Beras Kencur Ampuh Cegah Maag

Team VIVA »
Anisa Widiarini
Diza Liane Sahputri
Foto :
  • VIVA/Dwi Royanto (Semarang)
Jamu beras kencur.

VIVA – Mendengar kata jamu beras kencur pasti sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Beras kencur dikenal sebagai jamu khas Jawa dengan perpaduan rasa manis dan asam serta bau kencur yang khas.

Jamu ini juga sangat populer karena diyakini masyarakat, jamu beras kencur dapat mengatasi berbagai keluhan masalah kesehatan di antaranya, dapat meningkatkan nafsu makan, mengatasi masuk angin, dan mengatasi batuk. Bahkan disebutkan bisa mencegah maag karena khasiat di dalamnya yang mampu menjaga dinding lambung.

Baca Juga

"Metoksisinamat dalam beras kencur berkhasiat perbaiki fungsi sel tubuh termasuk perbaiki saluran cerna dan mukosa lambung. Tak hanya saluran cerna, ia juga bisa menjaga kesehatan secara keseluruhan," ujar spesialis farmakologi klinis, dr Lonah, SpFK., dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Senin 5 Agustus 2019.

Dengan meminumnya di pagi hari dan dalam kondisi masih hangat, dapat membuat lambung menjadi terasa hangat dan membantu mengeluarkan gas. Hal ini pula yang bisa bermanfaat dalam meningkatkan nafsu makan seseorang.

Terpopuler

"Kalau gas sudah keluar, perut jadi enak dan nyaman untuk makan. Sehingga peluang nafsu makan meningkat makin besar," jelasnya.

Namun, jamu beras kencur sebaiknya tidak dikonsumsi untuk wanita hamil terlebih dahulu. Sebab, khawatir tumbuh kembang janin di dalam rahim bisa terganggu.

"Wanita hamil belum dianjurkan karena takut ganggu kesehatan janin. Jangan konsumsi berlebihan juga karena kadang ditambah pemanis agar lebih enak, nah pemanis ini bisa picu gemuk. Segelas beras kencur ada 100 kalori, disarankan sehari konsumsi sampai 2 gelas saja," kata dia.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Hati-hati Pijat Leher Setelah Potong Rambut
TVONE NEWS - 5 hari lalu