Trik Nina Zatulini Supaya ASIP Enggak Cair saat Mati Listrik

Nina Zatulini
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Laras Devi

VIVA – Mati listrik massal di seluruh wilayah DKI Jakarta mengakibatkan banyak kerugian, tak terkecuali bagi para ibu menyusui. Artis berhijab, Nina Zatulini pun merasakan drama saat harus merelakan ASI Perah (ASIP) miliknya mencair.

Nina memutuskan untuk mengungsi dengan naik bajaj saat keadaan mati listrik yang membuat kedua anaknya kepanasan dan rewel. Hal tersebut membuatnya sedikit panik dan lupa akan stok ASIP di kulkasnya.

"Anak aku tuh mulai rewel karena kepanasan, ya langsung lah ngungsi ke hotel. Sampai pindah 3 tempat, aku baru sadar gimana keadaan ASIP simpanan aku ya," ujarnya ditemui dalam acara Mama's Choice di kawasan Thamrin, Jakarta, Selasa 6 Agustus 2019.

Baca juga: Cara Mudah Jaga ASIP Tetap Beku saat Listrik Mati

Nina melanjutkan, beberapa temannya memberi kabar bahwa stok ASIP milik mereka sudah terlanjur cair. Mengingat pemadaman listrik yang cukup lama. ia pun pasrah jika stok ASIP miliknya terlanjur mencair.

"Aku pikir ya udah lah ya, ikhlaskan saja," kata dia.

Namun, selama listrik padam, Nina tak membuka tutup freezer lemari pendinginnya agar suhu di dalam tetap dingin dan membuat ASIP beku. Trik tersebut ternyata berhasil membuat stok ASIP masih layak dikonsumsi saat dicek usai listrik menyala.

Baca juga: ASIP Cair Karena Listrik Padam Boleh Diminum, Asal..

"Kan aku tipenya enggak pernah stok ASI sampai satu kulkas penuh, paling 20 kantong. Jadi ya kalau memang sudah enggak bisa diminum ya, udahlah. Tapi Alhamdulillah masih aman dan bisa diminum anakku," kata dia.

Trik Nina Zatulini bisa Kamu coba kalau kebetulan listrik di rumah mati. Ada beberapa cara untuk menjaga ASIP beku lebih lama. Selain hindari membuka-tutup freezer, Kamu bisa meletakkan  plastik berisi air beku atau kantong es gel. Adanya bahan beku lain bisa membuat ASIP beku lebih tahan lama.

Baca juga: Listrik Padam, ASIP yang Cair Jangan Dibekukan Lagi, Ini Bahayanya