Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Jumat, 9 Agustus 2019 | 13:04 WIB

Polusi Picu Keguguran, 4 Hal Ini Wajib Dilakukan Wanita Hamil

Team VIVA »
Anisa Widiarini
Diza Liane Sahputri
Foto :
  • Pexels
Wanita hamil

VIVA â€“ Polusi udara di Ibu Kota Jakarta masih menjadi permasalahan yang tak kunjung reda. Polusi udara jelas berbahaya untuk kita, dan semakin berbahaya bila terhirup oleh ibu hamil, bayi, dan anak.

Berbagai risiko kesehatan jangka pendek pun mengintai, seperti mata dan hidung berair, penyakit batuk sering kambuh, hingga infeksi saluran napas atas. Dokter Merwin Tjahjadi, Sp. OG, dokter spesialis kebidanan dan kandungan RS Pondok Indah–Bintaro Jaya, menyampaikan potensi berbahaya yang dapat muncul bila ibu hamil dan wanita pada umumnya terlalu banyak terpapar udara berkualitas buruk antara lain Berat badan lahir rendah dan meningkatkan risiko kelahiran prematur.

Baca Juga

"Potensi bahaya lainnya pada janin juga meningkatkan risiko bayi dengan kelainan cacat bawaan," ujarnya dikutip dari siaran pers RS Pondok Indah yang diterima VIVA, Jumat 9 agustus 2019.

Pada ibu hamil, polusi udara yang buruk juga memicu infeksi saluran pernapasan atas dan asma. Bahkan, meningkatkan risiko kardiovaskular maupun hipertensi dalam kehamilan akibat proses pengapuran plasenta.

Ibu hamil yang sedang mengandung pada trimester awal juga harus lebih waspada. Risiko keguguran akibat terpapar polusi udara dapat meningkat pada usia kehamilan yang masih muda. 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Polusi Kabut Asap di Kolaka Timur Semakin Parah
TVONE NEWS - 9 bulan lalu
Terpopuler