Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 9 Agustus 2019 | 13:04 WIB

Polusi Picu Keguguran, 4 Hal Ini Wajib Dilakukan Wanita Hamil

Team VIVA »
Anisa Widiarini
Diza Liane Sahputri
Foto :
  • Pexels
Wanita hamil

VIVA – Polusi udara di Ibu Kota Jakarta masih menjadi permasalahan yang tak kunjung reda. Polusi udara jelas berbahaya untuk kita, dan semakin berbahaya bila terhirup oleh ibu hamil, bayi, dan anak.

Berbagai risiko kesehatan jangka pendek pun mengintai, seperti mata dan hidung berair, penyakit batuk sering kambuh, hingga infeksi saluran napas atas. Dokter Merwin Tjahjadi, Sp. OG, dokter spesialis kebidanan dan kandungan RS Pondok Indah–Bintaro Jaya, menyampaikan potensi berbahaya yang dapat muncul bila ibu hamil dan wanita pada umumnya terlalu banyak terpapar udara berkualitas buruk antara lain Berat badan lahir rendah dan meningkatkan risiko kelahiran prematur.

Baca Juga

"Potensi bahaya lainnya pada janin juga meningkatkan risiko bayi dengan kelainan cacat bawaan," ujarnya dikutip dari siaran pers RS Pondok Indah yang diterima VIVA, Jumat 9 agustus 2019.

Pada ibu hamil, polusi udara yang buruk juga memicu infeksi saluran pernapasan atas dan asma. Bahkan, meningkatkan risiko kardiovaskular maupun hipertensi dalam kehamilan akibat proses pengapuran plasenta.

Terpopuler

Ibu hamil yang sedang mengandung pada trimester awal juga harus lebih waspada. Risiko keguguran akibat terpapar polusi udara dapat meningkat pada usia kehamilan yang masih muda. 

Agar terhindar dari paparan buruk polusi, dokter Merwin memberikan tips. Berikut ini 5 langka jitu hindari polusi bagi ibu hamil.

1. Gunakan masker 

Ini langka awal yang wajib dilakukan. Gunakan masker pernapasan yang layak ketika beraktivitas di luar ruang dan pantau selalu kualitas udara di sekitar kita.

2. Update kualitas udara

Selalu pantau Air Quality Index  (AQI) ketika berencana untuk beraktivitas di luar ruangan. Selain itu hindari aktivitas di luar ruangan di siang hari karena saat itulah polusi udara tertinggi.

3. Bangun lingkungan hijau

Upayakan untuk memilih lingkungan hijau ketika berolahraga atau beraktivitas di luar ruang. Atau bisa juga kamu memulai untuk menanam tanaman di lingkungan sekitar kamu.

4. Alat penyaring udara 

Memasang alat penyaring udara juga bisa menjadi solusi untuk hindari polusi. "Ini digunakan untuk membantu membersihkan udara ketika Anda sedang berada di dalam ruangan,” tambah dr. Merwin. (ldp)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Polusi Asap di Riau dan Kalimantan Tengah Semakin Parah
TVONE NEWS - 1 hari lalu