Konsumsi Tomat Berlebih Bisa Sebabkan Diare, Benarkah?

Buah Tomat Segar
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sering digunakan sebagai tambahan rasa dalam makanan, tomat juga dikenal sebagai buah kaya manfaat. Apalagi, tomat merupakan salah satu buah yang tumbuh sepanjang musim sehingga mudah didapatkan. 

Selain mudah didapat, manfaat tomat juga diyakini sangat baik untuk kesehatan. Berikut ini sederet fakta dan mitos seputar manfaat tomat bagi kesehatan seperti yang dijelaskan oleh dokter spesialis gizi klinis dr. Ida Gunawan, MS, SpGK (K) dalam program Ayo Hidup Sehat Plus di tvOne, Jumat 9 Agustus 2019.

1. Potongan tomat dalam sop daging dapat menurunkan kolesterol?

Mitos. Untuk menanggulangi kolesterol butuh banyak serat. Satu buah tomat hanya mengandung 1,2 gram serat.  “Jika makan potongan tomat tentu enggak akan turunkan kolesterol dalam darah,” kata Ida. 

2. Tomat dapat mencegah kanker?

Fakta. Dalam satu tomat kaya likopen yang memiliki kekuatan 10 kali betakaroten dan dua kali vitamin E dengan kemampuan membersihkan sel kanker. “Jadi tomat sangat bagus turunkan risiko kanker prostat paru rahim usus besar,” ujar Ida.

3. Menjaga kesehatan mata?

Mitos. Untuk menjaga kesehatan mata yang sangat dibutuhkan bukan golongan dari tomat. Sebab, tomat kaya antioksidan yang dikenal dengan likopen, sedangkan untuk kesehatan mata yang dibutuhkan adalah betakaroten dan karoten.

4. Tomat dapat mencegah anemia?

Mitos. Untuk mencegah anemia dibutuhkan mineral seperti zat besi. Kandungan zat besi dalam tomat tidak sebagus produk hati dan daging.

5. Semakin dipanaskan, tomat akan semakin kaya akan antioksidan?

Fakta. Dengan adanya proses pemanasan, antioksidan dalam tomat akan semakin bagus. Jika dipanaskan, kandungan betakaroten dan vitamin E dalam tomat semakin tinggi.

6. Tomat baik untuk penderita ginjal?

Mitos. Tomat kaya potasium, yang disebut kalium. Kandungan kalium yang terlalu banyak tidak baik bagi penderita ginjal.

7. Tomat dapat mencegah risiko penyakit sendi?

Mitos. Di dalam tomat kaya akan antioksidan yang baik untuk mencegah penyakit degeneratif, bukan sendi.

8. Tomat bagus untuk perkembangan otak dalam janin di kandungan?

Mitos. Untuk perkembangan otak pada janin Anda butuh omega 3 dan DHA. 

9. Tomat banyak sebabkan masalah pencernaan?

Fakta. Sebab tomat ukuran 100 gram memiliki kadar keasaman tinggi. Ini bisa sebabkan gangguan pencernaan. Konsumsi tomat bisa merangsang produksi asam lambung, gastritis hingga gangguan pencernaan seperti diare. (nsa)