Kini Konsultasi Dokter Bisa Lewat Chatting

Ilustrasi membuka aplikasi di gadget atau gawai.
Sumber :
  • IBM

VIVA – Menjadi ibu bukanlah hal yang mudah. Selain mengurus rumah, prioritas utama seorang ibu adalah menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga. 

Tentu itu bukanlah hal yang mudah, apalagi jika salah satu anggota keluarga sudah mulai ada yang sakit, bisa jadi malah seluruh aktivitas bisa terhambat gara-gara harus antre dulu ke dokter. Karenanya jika akses informasi kesehatan mudah didapat, maka hal-hal seperti itu bisa dihindari lebih awal.

Memahami pentingnya kualitas layanan kesehatan yang menyeluruh dan mudah di akses membuat Linda Wijaya tercetus membangun SehatQ, sebuah platform health tech dengan layanan end-to-end sejak November 2018. Dengan investasi dari Sinar Mas, SehatQ memiliki visi melengkapi kebutuhan masyarakat terhadap layanan kesehatan. Apalagi di era serba digital seperti sekarang, akses kesehatan seharusnya lebih mudah.

"Pelayanan kesehatan bagi saya merupakan basic need atau hak dasar dari setiap orang. Meski berasal dari diri sendiri, kita tetap arus harus well inform terhadap opsi-opsi yang bisa membantu dan memudahkan kita untuk hidup lebih sehat," ujar Linda WIjaya Founder dan CEO SehatQ saat berbincang dengan VIVA di acara media gathering SehatQ di gedung Sinar Mas Jakarta Pusat Kamis 9 Agustus 2019.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa opsi pilihan soal informasi kesehatan seringkali membingungkan. Banyak yang tidak tahu bagaimana memulainya atau bagaimana mencari informasi tersebut.

“Kami menerapkan pendekatan patients first, mengutamakan kebutuhan pengguna sebagai pasien dengan menyediakan platform terbuka untuk semua fasilitas kesehatan,” ujar Linda.

Baik disadari atau tidak, menurut Linda, teknologi telah mengubah perilaku seseorang dalam perjalanan kesehatannya. Semua serba online memudahkan pengguna. 

"Pasien biasanya mencari info kesehatan sebelum datang ke dokter. Justru dengan aktivitas pencarian informasi sebelum berkonsultasi dengan dokter 80 persen pasien merasa lebih puas atas layanan kesehatan yang diperoleh," ujarnya. 

Platform SehatQ menyediakan layanan end-to-end yang menjawab semua kebutuhan pasien, mulai dari informasi kesehatan lengkap, termasuk tentang gaya hidup sehat, penyakit, obat-obatan, serta jenis perawatan medis. 

Hingga saat ini SehatQ telah memproduksi lebih dari 2 ribu konten kesehatan yang terverifikasi dokter. Tak hanya itu, tim dokter juga akan siaga menjawab pertanyaan lewat melalui forum tanya jawab dokter. 

Selain itu, di platform yang sama, pengguna juga mudah terhubung dengan fasilitas kesehatan dan rumah sakit sekaligus bisa menyesuaikan dengan jadwal dokter yang dibutuhkan. 

Aplikasi SehatQ rencananya baru akan launching di bulan September 2019. Untuk bisa mengaksesnya kamu tak perlu merogoh kocek dalam-dalam, semuanya gratis. (nda)