Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Sabtu, 10 Agustus 2019 | 08:00 WIB

Biji Mahoni Bisa Tangkal Diabetes? Ini Faktanya

Team VIVA »
Anisa Widiarini
Isra Berlian
Foto :
  • U-Report
Ilustrasi biji mahoni.

VIVA – Konsumsi herbal untuk atasi berbagai penyakit sudah umum dilakukan masyarakat Indonesia. Kebiasaan ini terkadang dilakukan secara turun-temurun dari orangtua kepada anak-anaknya. 

Salah satunya adalah dengan mengonsumsi mahoni. Biji mahoni disebut-sebut bisa membantu mencegah berbagai macam penyakit. Apa benar? Berikut ini ulasannya bersama dr. Londah, Sp.FK dalam program Ayo Hidup Sehat Plus, Jumat 9 Agustus 2019. 

Baca Juga

Pertama, banyak asumsi di masyarakat yang menyebut bahwa mengonsumsi biji mahoni dapat menurunkan risiko diabetes melitus (DM). Terkait dengan hal ini ternyata dibantah oleh dr. Londah. 

Londah menjelaskan, diabetes melitus adalah kelainan metabolik yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah yang sifatnya kronis. Salah satu penyebab kelainan diabetes melitus adalah gangguan sekresi pada insulin ataupun kerja insulin, bahkan bisa keduanya. 

Terpopuler

Buah atau biji mahoni mengandung beberapa senyawa seperti alkaloid, flavonoid yang memiliki sifat antioksidan sehingga dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan dari paparan radikal bebas. 

“Boleh konsumsi untuk menurunkan risiko kencing manis diabetes melitus asal tidak ada kontraindikasi. Bukan hanya itu saja, mencegah risiko diabetes melitus, Anda harus jaga pola kesehatan dengan jaga berat badan, makan makanan yang bergizi dan seimbang serta aktif beraktivitas sehari-hari minimal 30 menit,” kata dia

Selain itu, dia juga membantah asumsi di masyarakat yang menyebut bahwa mengonsumsi biji mahoni dapat mengurangi risiko bronkitis. Dia menjelaskan hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang menyebut bahwa biji mahoni dapat mengurangi risiko bronkitis.

“Mitos, bronkitis adalah radang pada saluran napas bronkus yang berfungsi membawa udara dari dan menuju ke paru-paru. Untuk mengurangi bronkitis lakukan pola hidup bersih dan sehat,” dia melanjutkan. 

Selain itu, dia juga membantah bahwa biji mahoni dapat meringankan migrain, gangguan pencernaan dan menjaga tekanan darah. Meski begitu, ternyata biji mahoni dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia. 

Hal ini lantaran kata Londah, biji mahoni mengandung senyawa antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh akibat terpapar dari stres oksidatif dan radikal bebas. 

“Namun untuk meningkatkan daya tubuh kita juga harus istirahat cukup, minum air putih cukup, makanan sehat dan nutrisi dan rutin beraktivitas setiap hari,” kata dia. 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Hati-hati Pijat Leher Setelah Potong Rambut
TVONE NEWS - 5 hari lalu