Sudah Diet tapi Enggak Mencapai Ideal? Coba Cek Hal Ini

Ilustrasi diet.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal, menjadi dambaan semua orang. Banyak orang melakukan diet dan olahraga, untuk bisa mendapatkannya. Meski demikian, tak sedikit juga yang gagal.

Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinis, dr. Samuel Oetoro Sp GK, banyak orang salah kaprah dalam memilih diet yang tepat untuk dirinya. Sehingga, upaya untuk mendapatkan tubuh yang ideal kerap sulit dicapai.

"Jumlah nutrisi yang dibutuhkan setiap orang berbeda, berdasarkan kondisi tubuh masing-masing. Namun, yang utama adalah berdasarkan gen dalam tubuh. Gen berpengaruh pada sifat, fisik, kesehatan, dan respons tubuh terhadap berbagai macam nutrisi," ujarnya di Jakarta Barat, Sabtu 10 Agustus 2019.

Ilmu tersebut dikenal dengan nama nutrigenomic. Menurut Regional Product Executive Prodia, Fakhril Akmal, S Farm Apt, nutrigenomic diperlukan untuk mengetahui efek dari nutrisi terhadap gen, serta interaksi antara gen dan nutrisi yang berkaitan dengan kesehatan.

"Dokter harus menerjemahkan ke dalam bentuk makanan. Kalau bentuk makanannya salah, ya enggak berhasil dong. Makanya, perlu untuk tetap pergi ke dokter gizi,” tutur Samuel.

Ia juga menambahkan, waktu yang diperlukan seseorang untuk mendapatkan tubuh yang ideal juga beragam. Hal ini tergantung respons dari tubuh, terhadap makanan yang masuk.

"Respons orang beda-beda, ada yang respons satu bulan, ada yang dua bulan. Tapi, rata-rata setelah tiga bulan akan mencapai ideal," kata Samuel.