3 Minuman Ini Ampuh Pangkas Kolesterol Tinggi Pasca Idul Adha

Teh Hijau
Sumber :
  • Dokumentasi Ayo Hidup Sehat tvOne

VIVA – Kolesterol tinggi pasca Lebaran Idul Adha memang seringkali terjadi dan sulit dihindari. Ragam makanan dengan sumber utama daging hewan kurban serta pengolahan yang tinggi lemak membuat kolesterol kian meningkat.

Kolesterol tinggi bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh khususnya jantung. Sebab, tingginya kolesterol jahat bisa memicu penyakit jantung hingga stroke.

Untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, disarankan melakukan pola makan yang seimbang. Begitu pula dengan konsumsi sayur dan buah yang perlu ditingkatkan untuk menyeimbangkan asupan makan.

Selain mengonsumsi buah dan sayur, ternyata beberapa jenis minuman bisa memangkas kolesterol tinggi. Berikut minuman sehat dan tepat saat kolesterol tinggi dikutip dari laman Cheat Sheet, Selasa, 13 Agustus 2019.

Teh hijau

Teh sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu dengan khasiatnya yang mujarab untuk kebugaran tubuh. Salah satunya secangkir teh hijau hangat yang bisa dikonsumsi sebelum tidur di malam hari. Efeknya yang membuat relaks serta menurunkan kolesterol jahat yang kian meningkat disebabkan adanya kandungan antioksidan yang tinggi.

Jus citrus

Buah citrus terdiri dari anggur, jeruk, dan lemon. Jus buah citrus sendiri terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Studi membuktikan bahwa kandungan antioksidan jus buah citrus yang diminum dengan segelas air putih membantu meredakan kadar kolesterol tinggi.

Jus cranberry

Jus buah cranberry dengan atau tanpa gula sangat baik untuk kesehatan jantung. Studi menemukan bahwa rutin mengonsumsinya dua gelas per hari terbukti meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat. (tsy)