Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 13 Agustus 2019 | 15:28 WIB

Dokter Beri Trik Tepat Memilih Daging Kambing Sehat

Team VIVA »
Anisa Widiarini
Diza Liane Sahputri
Foto :
  • U-Report
Daging merah.

VIVA – Daging kambing memiliki kandungan protein yang dibutuhkan dan baik untuk tubuh. Tetapi, kandungan protein tersebut hanya bisa didapatkan dari daging kambing yang masih segar dan layak dikonsumsi.

Tak dimungkiri, memilih daging kambing memerlukan ketelitian agar bisa mendapatkan manfaat baiknya. Cara pertama yaitu dengan memperhatikan permukaan dagingnya.

Baca Juga

"Permukaan daging kambing harus licin dan kenyal. Selain itu, serat-serat di antara dagingnya harus terlihat jelas," ujar spesialis gizi klinis, dr. Juwalita Surapsari, Sp.GK dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Selasa 13 Agustus 2019.

Dari segi warna, pemilihan warna daging yang merah cerah sangat disarankan. Sebab, semakin cerah warna daging kambing, maka semakin baik kesegarannya.

Terpopuler

"Kalau merah, masih fresh. Jangan pilih kalau warnanya sudah ada seperti memar kebiruan, artinya sudah lama," kata dia.

Selain itu, warna daging yang cenderung pucat menandakan sudah diberi tambahan pengawet yang sebaiknya tidak dikonsumsi tubuh. Begitu pula dengan elastisitas daging kambing yang harus berfungsi dengan baik.

"Kalau ditekan, dia akan cepat kembali. Artinya elastisitas bagus. Kalau lebih kaku, itu sudah disuntik. Kalau dalam kemasan, bisa dilihat dengan banyaknya cairan merah yang berarti masih segar dan sehat," jelasnya. (nda)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Hati-hati Pijat Leher Setelah Potong Rambut
TVONE NEWS - 12 jam lalu