Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 21 Agustus 2019 | 15:11 WIB

Enak Sih, Tapi 5 Makanan Ini Bikin Autogemuk

Team VIVA »
Adinda Permatasari
Foto :
  • Pixabay/Gurkanerol
ilustrasi daging sapi.

VIVA – Siapa yang tak suka makan enak? Tapi, makan enak belum tentu menyehatkan, bahkan berisiko bikin tubuh tambah gemuk. Kalau takut tubuh gemuk gara-gara makan, ahli gizi dr. Samuel Oetoro, SpGK membagikan tiga kuncinya dalam program Ayo Hidup Sehat di tvOne, Rabu 21 Agustus 2019.

Pertama, kalau makan perhatikanlah jumlah kalori. Kedua, ketahui jenis makanan yang dimakan. Misalnya, makan daging merah, ketahui apakah di daging itu lebih banyak dagingnya atau lemaknya. Karena, dalam satu gram lemak, kalorinya mencapai 9 kalori.

Baca Juga

Ketiga, jadwal makan. Di samping cara memasak, Samuel menyarankan agar jangan terlalu sering makan. Apalagi jika makan dalam jumlah banyak.

Selain tiga prinsip dalam mengonsumsi makanan di atas, berikut ini adalah daftar makanan enak yang bikin cepat gemuk.

Terpopuler

Daging

Meski daging yang diolah tidak banyak lemak, tapi menurut Samuel, tetap ada kelemahannya. Di antara serat daging masih terdapat lemak. Bila ini dikonsumsi terus menerus akibatnya kalori yang masuk akan lebih banyak dan disimpan menjadi sel lemak.

Fried chicken

Fried chicken yang kini banyak dijajakan di pinggir jalan diolah dengan cara digoreng di dalam minyak yang banyak. Ditambah lagi, ayam ini dimakan dengan nasi yang bisa menambah banyak jumlah kalorinya. Kalori yang tinggi ini adalah pemicu kegemukan.

Soto Betawi

Soto Betawi biasanya disajikan dengan kuah santan dan isian berupa jeroan. Sudah bisa ditebak, kolesterol makanan ini sangatlah tinggi. Apalagi santa punya kandungan asam lemak jenuh yang kalorinya tinggi. Ini akan membuat tumpukan lemak dalam tubuh sangat cepat.

Burger

Burger memiliki daging tebal dengan keju dan roti. Daging burger ini yang perlu diwaspadai karena bisa saja mengandung banyak lemak dibanding daging. Belum lagi keju dan roti yang bisa menjadi sumber kegemukan.

Bobba

Minuman yang lagi hits ini memang bisa bikin ketagihan karena rasanya yang manis. Tapi, Samuel mengingatkan, minuman bobba terdiri dari susu, gula, dan tepung, yang semuanya memiliki kalori tinggi. (nsa)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Hati-hati Pijat Leher Setelah Potong Rambut
TVONE NEWS - 1 hari lalu