Aktor Vina Garut Kena HIV AIDS, Bisakah Disembuhkan?

Ilustrasi virus HIV. Pixabay.typographyimages
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Video Vina Garut yang sempat heboh beberapa minggu lalu masih ramai diperbincangkan di media sosial. Terakhir dikabarkan bahwa salah satu pemeran laki-laki dalam video tersebut terkena HIV AIDS.

Hal itu terungkap ketika Ia menjalani pemeriksaan kesehatan oleh Tim Dokter Kesehatan Polres Garut. Setelah mengambil sampel darah dari pelaku tersebut, dokter mengonfirmasi bahwa ia terjangkit HIV.  

Diagnosis tersebut juga membuat pemeran laki-laki itu belum ditahan hingga kini. Tapi, bisakah HIV diobati? mungkinkan orangnya akan sembuh?

Seperti dilansir Avert, hingga kini memang belum ada obat untuk menyembuhkan HIV.  Namun, pengobatan dapat mengendalikan HIV dan memungkinkan orang untuk hidup panjang dan sehat. Ini mungkin termasuk mencapai viral load tidak terdeteksi. 

Jika kamu merasa berisiko HIV, penting untuk menjalani tes. Pengujian adalah satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apakah kamu memiliki virus atau tidak.  Jika kamu sudah dites dan hasilnya positif, kamu akan disarankan untuk memulai pengobatan antiretroviral sesegera mungkin. Perawatan adalah satu-satunya cara untuk mengelola HIV dan mencegahnya merusak sistem kekebalan. Ini juga mengurangi risiko penularan HIV ke pasangan seksual kamu.

Para peneliti dan ilmuwan percaya bahwa kita dapat menemukan obat untuk HIV. Para ilmuwan sedang meneliti dua jenis penyembuhan: penyembuhan fungsional dan penyembuhan sterilisasi (tidak ada 'penyembuhan alami' atau 'penyembuhan herbal') untuk HIV. Sementara itu tidak akan pernah ada obat AIDS karena AIDS adalah serangkaian gejala yang menentukan daripada virus, seperti HIV. 

Penyembuhan fungsional akan menekan jumlah virus HIV di dalam tubuh ke tingkat yang sangat rendah sehingga tidak dapat dideteksi atau membuat kamu sakit. Tetapi virus itu masih ada. 

Beberapa orang berpikir bahwa pengobatan antiretroviral secara efektif merupakan penyembuhan fungsional, tetapi sebagian besar mendefinisikan penyembuhan fungsional sebagai sesuatu yang menekan virus tanpa memerlukan pengobatan antiretroviral yang sedang berlangsung.

Ada beberapa contoh orang yang dianggap telah disembuhkan secara fungsional, seperti Bayi Mississipi, tetapi dalam semua kasus ini virus telah muncul kembali. Sebagian besar dari orang-orang ini menerima pengobatan antiretroviral dengan sangat cepat setelah infeksi atau kelahiran.

Obat sterilisasi adalah salah satu di mana virus HIV diberantas dari tubuh sepenuhnya, termasuk dari reservoir tersembunyi. Hanya ada satu orang yang dikenal yang disembuhkan dengan cara ini: Timothy Brown, juga dikenal sebagai 'Pasien Berlin'.

Pada 2007-08, Brown menjalani kemoterapi dan transplantasi sumsum tulang untuk mengobati leukemia. Transplantasinya berasal dari seseorang dengan resistensi genetik alami terhadap HIV. Dia disembuhkan dari HIV tetapi para ilmuwan tidak sepenuhnya mengerti mengapa.

Selain itu karena transplantasi sumsum tulang bisa berbahaya, mereka tidak praktis sebagai obat HIV yang lebih luas. Namun, proses ini telah memberi peneliti informasi penting yang mereka gunakan untuk bekerja menuju penyembuhan.