Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 23 Agustus 2019 | 05:41 WIB

Tantri Kotak Idap Toxoplasma, Benarkah Bisa Tertular dari Kucing?

Team VIVA »
Zahrotustianah
Bimo Aria
Foto :
  • Instagram Tantri
Tantri Kotak berhijab

VIVA – Vokalis Band Kotak Tantri Syalindri Ichlasari baru-baru ini mengungkapkan kabar mengejutkan. Dalam akun Instagarm pribadinya, ia mengatakan bahwa dirinya sempat divonis mengidap toxoplasma.

Dalam foto yang diunggahnya itu, Tantri tampak berpose dengan anak pertamanya, Karanada Medina Danarda, sambil memegang sebuah foto hasil pemeriksaan. Wanita kelahiran Tangerang itu mengatakan bahwa dia divonis mengidap toxoplasma.

Baca Juga

“Ada yang nemenin cek adek, ada cerita sedikit sebenernya kehamilan saya di awal terdeteksi toxoplasma, yang enggak tahu Google ya,” tulis Tantri dalam keterangan foto yang diunggah pada Rabu, 21 Agustus 2019.

Dilansir dari laman Center for Diseas Control and Prevention Toxoplasma adalah infeksi yang disebabkan parasit bersel tunggal yang disebut Toxoplasma gondii yang sering ditemui pada hewan. Toxoplasma ini dapat bertahan lama dalam tubuh manusia dan hewan, bahkan seumur hidup.  

Terpopuler

Baca Juga: Selain Tantri Kotak, 3 Seleb Wanita Ini Pernah Divonis Idap Toxoplasma

Banyak masyarakat yang menganggap bahwa virus ini juga bisa ditularkan dari hewan pelihataan seperti kucing ke manusia. Tapi benarkah hal tersebut?

Laman Center for Diseas Control and Prevention  juga menyebutkan bahwa kucing memainkan peran penting dalam penyebaran toksoplasmosis. Mereka terinfeksi dengan memakan hewan pengerat yang terinfeksi, burung, atau hewan kecil lainnya.

Parasit ini kemudian ditularkan dalam kotoran kucing dalam bentuk ookista, yang bersifat mikroskopis.Anak kucing dan kucing dapat menumpahkan jutaan ookista dalam kotorannya selama 3 minggu setelah infeksi.

Kucing dewasa lebih kecil kemungkinannya untuk melepaskan Toxoplasma jika mereka sebelumnya telah terinfeksi. Seekor kucing yang terinfeksi Toxoplasma yang menumpahkan parasit di kotorannya mencemari kotak kotoran. Jika kucing diizinkan keluar, ia bisa mencemari tanah atau air di lingkungan juga.

Sementara itu manusia juga bisa terinfeksi toxoplasma setelah membersihkan kotak kotoran kucing saat kucing melepaskan Toxoplasma di kotorannya. Manusia juga bisa terinfeksi saat mereka menelan ookista secara tidak sengaja setelah menyentuh atau menelan segala sesuatu yang bersentuhan dengan kotoran kucing yang mengandung Toxoplasma

Beberapa tanda dan gejala toksoplasmosis parah, seperti di antaranya penglihatan kabur, kebingungan, kehilangan koordinasi. Jika kamu mengalami kondisi di atas segera pergi ke dokter terutama jika sistem kekebalan tubuh kamu telah melemah. (tsy)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Kisah Haru Tantri KOTAK Bertemu Anak Difabel
SHOWBIZ - sekitar 1 tahun lalu