6 Cara Gampang Turunin Berat Badan, Gak Perlu Diet dan Olahraga

Ilustrasi diet.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Lemak berlebih di tubuh enggak hanya membuat penampilan jadi kurang oke, namun juga memicu penyakit. Diungkap beberapa penelitian, ragam penyakit tidak menular seperti diabetes dan jantung erat kaitannya dengan bobot tubuh berlebih.

Kaum urban, khususnya mereka yang masuk kelompok usia produktif, tentunya memiliki aktivitas yang padat. Hal ini membuat waktu berolahraga menjadi minim serta kesulitan menjalani diet.

Tapi, pangkas lemak ternyata enggak perlu repot. Dengan beberapa trik khusus, bobot tubuh kamu bisa dibentuk lebih ideal. Berikut beberapa tipsnya dikutip dari laman Healthline.

Mengunyah dengan perlahan

Mengunyah makanan dengan lebih lama membuat kamu makan lebih sedikit. Peneliti menemukan bahwa mereka yang yang mengonsumsi makanan terlalu cepat, lebih rentan alami kenaikan berat badan dibandingkan mereka yang makan dengan perlahan. Untuk membiasakan makan dengan perlahan, coba hitung berapa kali kamu mengunyah setiap suapan makanan.

Gunakan piring kecil

Menggunakan piring kecil membuat kamu makan lebih sedikit karena porsi yang kamu ambil akan terlihat lebih banyak. Sebaliknya, piring besar akan membuat porsi makanan lebih kecil sehingga membuat kamu menambah lebih banyak makanan. Kamu bisa menggunakan trik piring kecil untuk makanan yang tidak sehat seperti makanan tinggi lemak dan makanan sehat di piring lebih besar.

Perbanyak protein

Protein punya pengaruh besar pada nafsu makan. Protein dapat meningkatkan rasa kenyang lebih lama, menurunkan rasa cepat lapar hingga membantu menurunkan kalori. Sebab, protein memengaruhi hormon yang berperan mengatur lapar dan kenyang, seperti ghrelin. Triknya mudah, coba, deh makan satu telur setiap sarapan, pasti kenyangnya lebih awet!

Rutin minum

Jangan anggap sepele air putih, lho! Dengan rutin mengonsumsi air putih, membuat tubuh makan lebih sedikit. Sangat disarankan untuk minum air putih dulu sebelum makan. Peneliti menemukan bahwa hal ini bisa menurunkan rasa lapar dan asupan kalori berlebih.

Fokus makan

Makanlah tanpa menonton acara TV maupun bermain game di gadget. Mereka yang mengonsumsi makanan sambil nonton tv, menurut penelitian, akan makan 25 persen lebih banyak dibanding yang hanya fokus makan.

Gunakan warna merah

Sama seperti piring kecil, pemakaian wadah berwarna merah juga dikhususkan untuk makanan tinggi lemak. Peneliti mengungkap, teknik warna ini membuat orang enggan mengonsumsi makanan di piring berwarna merah dibanding warna lainnya. Hal ini dikaitkan dengan warna merah yang memberi sinyal berhenti dan peringatan bahaya lainnya.