Ini Gejala Anemia yang Sering Dianggap Sepele

Ilustrasi anemia
Sumber :
  • Freepik/katemangostar

VIVA – Anemia merupakan momok yang banyak dihadapi para wanita. Kondisi ini terjadi apabila tubuh tidak memiliki sel darah merah yang sehat dan cukup.

Kurangnya sel darah merah atau banyaknya sel darah merah yang tidak berfungsi di dalam tubuh, menyebabkan aliran dan distribusi oksigen ke organ-organ tubuh menjadi berkurang. 

Akibatnya, kamu akan mudah merasa lelah atau lemah, yang biasanya juga diikuti dengan berbagai gejala lain, seperti sesak napas, pusing, atau sakit kepala. 

Di Indonesia, jumlah kasus anemia mencapai hingga dua juta kasus setiap tahunnya. Data tersebut menunjukkan kalau anemia tidak bisa dianggap sepele. 

Karena, anemia yang  berlangsung lama dapat merusak jantung, otak, dan organ lain dalam tubuh, bahkan bisa berujung pada kematian. 

Nah, untuk memahami penyebab, gejala, dan cara penanganan anemia, mari kita simak langsung penjelasannya dalam Ayo Hidup Sehat (AHS) yang tayang di tvOne Selasa 4 September 2019.

Bersama pakar penyakit dalam, dr. Wismandari Wisnu, Sp.PD-KEMD, FINASIM, AHS juga bisa disaksikan live streaming pukul 13.00-14.00 WIB, di laman VIVA.co.id.