Bukan Sekadar Pulihkan Cedera, Ini Manfaat Sebenarnya Pilates

Pilates
Sumber :
  • VIVA.co.id/Isra Berlian

VIVA – Meski gerakannya mungkin terlihat serupa, yoga dan pilates adalah dua hal yang berbeda. Pilates adalah versi yang lebih modern dari yoga.

Prinsip pilates adalah menyatukan pemahaman antara jiwa dan raga agar keduanya bisa saling bekerja sama membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mencapai harmonisasi antara tubuh dan pikiran ini, pilates melibatkan teknik pernapasan yang teratur, latihan keseimbangan dan postur tubuh, pemusatan konsentrasi, hingga latihan mengontrol gerakan dan kekuatan otot. 

Pilates mengandalkan pernafasan dengan gerakan dasar yang fokus pada pengencangan dan pembentukan tubuh. Tidak hanya itu, pilates juga bisa bermanfaat untuk mencegah tubuh mengalami cidera, terutama bagi mereka yang gemar berolahraga.

Baca juga: Demi Lovato Bikinian dan Alasan Selulitnya Ada di Tempat Tersembunyi

“Pilates masih identik dengan olahraga yang dilakukan untuk pemulihan dari cedera, namun faktanya Pilates dianjurkan dilakukan sebelum adanya cedera yang ditujukan untuk menjaga tubuh tetap bugar, sehat, dan tentunya untuk meminimalisir cedera yang terjadi pada tubuh kita,” kata Dini Suryani, salah satu pendiri Pilates Soul di Pilates Soul Jakarta Selatan dalam pembukaan Pilates Soul. 

Dia melanjutkan, melakukan latihan Pilates dengan rutin, dapat membuat kita untuk mempunyai body awareness terhadap tubuh kita sendiri. Dimana kita mulai memahami tubuh kita, bagaimana otot kita bekerja baik saat berolahraga maupun saat melakukan kegiatan rutin sehari-hari.

Dia melanjutkan, nantinya para klien yang datang akan ditanyai satu persatu mengenai problem apa yang ada di tubuhnya, pekerjaan yang dilakukannya setiap hari dan jenis olahraga apa yang disukainya. Ini dimaksudkan untuk menganalisis treatment yang tepat untuk si pasien. 

“Dari situ saya akan suruh bergerak seperti gerakan spain-up. Dari situ saya sudah bisa lihat apa aja masalah yang mereka miliki,” kata dia.

Nantinya setiap peserta yang mengikuti kelas itu, akan mengikuti sesi latihan selama 45-50 menit dalam satu kelas. Dalam satu kelas sendiri akan berisikan maksimal 10 orang dengan tujuan memudahkan trainer untuk melatih peserta.