Jangan Pernah Komentari Perubahan Fisik Bumil, Ini Alasannya

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ibu hamil alias bumil biasanya rentan mengalami stres karena banyak hal, termasuk perubahan tubuhnya. Namun, banyak orang di sekitar yang tidak peka dan malah mengomentari negatif terhadap bentuk tubuh bumil.

Selama masa kehamilan, bumil sangat butuh dukungan dari orang-orang terdekatnya. Tapi fenomena saat ini, justru banyak orang terdekatnya yang malah berkomentar buruk dan membuat bumil menjadi stres.

"Padahal perubahan tubuh saat hamil saja sudah bikin stres. Ditambah obrolan yang negatif, bikin stresnya makin bertambah," ujar Psikolog Keluarga, Putu Andani M.Psi., dalam temu media di kawasan Kuningan, Jakarta.

Baca juga: Berhubungan Intim saat Hamil Tua, Bahayakah?

Menurut Putu, ada hal-hal yang sebaiknya dihindari saat berbicara dengan bumil. Salah satunya dengan tidak body shaming atau mengomentari bentuk tubuhnya.

"Komentarin payudaranya yang membesar, perutnya yang makin gede, tubuhnya yang tambah membengkak. Enggak perlu dikasih tahu, bumil juga udah sadar, kok. Malah bikin tersinggung dan stresnya jadi nambah," kata Putu.

Selain itu, hindari obrolan pengalaman menyeramkan mengenai masa kehamilan dan kelahiran. Untuk itu, Putu berpesan agar orang terdekat bisa menciptakan suasana positif serta memberi perhatian lebih pada kebutuhan bumil.

"Tidak perlu beri saran medis berlebihan, sekali dua kali enggak apa-apa, karena para ibu pasti akan cari tahu ke tenaga medis yang dia percaya. Kasih juga perhatian sederhana dengan bawakan barangnya atau kasih tempat duduk," tambahnya.