Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 18 September 2019 | 20:57 WIB

Awas Jangan Mandi Setelah Makan, Ini Dampak Buruknya

Team VIVA »
Rochimawati
Sumiyati
Foto :
  • U-Report
Ilustrasi wanita mandi.

VIVA – Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan dapat membawa efek yang tidak baik untuk kesehatan, termasuk jika kamu memiliki kebiasaan mandi setelah makan. Ya, mandi setelah makan, ternyata tidak baik untuk kesehatan.

Kebiasaan itu bisa menimbulkan beberapa dampak buruk buat kesehatan. Dilansir dari Times of India, 18 September 2019, berikut beberapa dampak buruk jika kamu mandi setelah makan.

Baca Juga

Buruk untuk pencernaan

Jika kamu memiliki kebiasaan mandi setelah makan, baiknya mulai sekarang dihentikan. Mandi setelah makan dapat menunda proses pencernaan, karena darah di sekitar perut akan mengalir ke bagian tubuh lainnya.

Terpopuler

Ilmu Ayurveda pun menentang

Dalam ilmu Ayurveda dijelaskan, saat kamu makan, suhu tubuh akan diaktifkan untuk membantu proses pencernaan. Namun, jika kamu mandi setelah makan, suhu tubuh akan turun dan proses pencernaan jadi melambat.

Baca juga: Imam Nahrawi Akan Mundur dari Jabatan Menpora

Menurut ilmu kedokteran

Suhu tubuh kamu menurun saat mandi. Karena tubuh dalam keadaan dingin, tubuh harus bekerja ekstra keras untuk mempertahankan suhu standar guna membantu proses pencernaan. Akibatnya, proses pencernaan jadi melambat. Hal ini juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan kegelisahan.

Namun, sejauh ini belum ada penelitian konklusif yang berfokus pada efek samping mandi setelah makan. Kepercayaan kuno menyatakan, seseorang harus menunggu setidaknya 2-3 jam setelah makan untuk mandi. Idealnya, seseorang harus mandi sebelum makan, karena akan membuat kamu merasa lebih segar.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Sering Mandi Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan
TVONE NEWS - 9 bulan lalu