Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 19 September 2019 | 14:49 WIB

Bikin Gigi Keropos, Jangan Sering-sering Konsumsi 4 Makanan Ini

Team VIVA »
Adinda Permatasari
Foto :
  • U-Report
Ilustrasi sakit gigi.

VIVA – Gigi memiliki lapisan terluar yang melindungi gigi yang disebut dengan email. Tapi, tanpa disadari saat makan atau minum, lapisan ini perlahan terkikis dan menipis. Akibatnya, timbullah gigi keropos.

Karena itu, ketika memilih makanan dan minuman pertimbangkan juga dampaknya pada gigi. Menurut pemaparan dr. Devya Linda, SpBM, FISID, dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, Kamis 19 September 2019, beberapa makanan berikut ini dapat mempercepat proses pengeroposan gigi.

Baca Juga

Cokelat

Cokelat memiliki tekstur yang lengket yang bisa menempel pada gigi. Terutama pada sela-sela di permukaan gigi geraham dan antar gigi. Bagian ini akan sulit dibersihkan sehingga cokelat akan menempel dalam waktu lama. Selain itu, cokelat juga memiliki kandungan gula yang bisa meresap ketika menempel ke gigi. Devya mengatakan, makanan lengket yang menempel akan mempermudah terjadinya keropos.

Terpopuler

Soda

Soda memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Dalam satu kaleng kemasan soda berukuran 175 ml, terdapat kandungan gula 5 gram. Kandungan gula ini sama dengan 5 sendok makan atau 12 sendok teh gula. Sementara, rekomendasi asupan gula harian adalah 6 sendok teh gula. Selain gula yang tinggi, soda juga memiliki kadar asam yang bisa mengikis atau meluluhkan mineral gigi. Hal ini dapat menyebabkan email menipis sehingga penempelan plak lebih mudah. Plak dapat mempercepat kerusakan gigi.

Cuka

Kadar asam yang tinggi, meski di dalam buah-buahan sekalipun, bisa mempermudah terjadinya karies atau gigi keropos. Sebabnya, asam dapat meluluhkan emasi dengan mudah.

Permen

Hampir sama dengan cokelat, permen bisa menjadi lengket dan menempel pada gigi. Permen yang menempel di gigi ini bisa mempermudah pembentukan plak. Plak yang menempel terus menerus tanpa dibersihkan bisa merusak gigi atau membuat gigi keropos.

Meski dapat merusak gigi, bukan artinya makanan-makanan manis yang membuat ketagihan ini harus dihindari sama sekali. Konsumsi makanan manis tetap dibolehkan asal jangan pernah lupa untuk langsung membersihkan gigi.

"Karena pengeroposan itu butuh waktu 20-30 menit setelah makan. Setelah itu, bakteri akan menghancurkan gigi," kata Devya.

Saat minum soda, sebaiknya gunakan sedotan dan gunakan dental floss untuk membersihkan sela-sela gigi di mana kotoran sering menempel.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Hati-hati Pijat Leher Setelah Potong Rambut
TVONE NEWS - 12 jam lalu