Penderita Hipertensi, Ini Manfaat Cek Tekanan Darah di Rumah

Cek tekanan darah di rumah.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Memeriksa tekanan darah menjadi suatu hal penting bagi para penderita hipertensi. Oleh sebab itu disarankan untuk memeriksakan tekanan darah secara rutin.

Jika beberapa tahun sebelumnya pasien harus ke dokter atau fasilitas kesehatan untuk memeriksa tekanan darah, kini hal itu bisa dilakukan di rumah. Pemeriksaan itu dikenal dengan istilah Ceramah (Cek Tekanan Darah di Rumah). Banyak studi menunjukkan, Ceramah memiliki nilai prognostik yang lebih baik dibandingkan hanya pemeriksaan tekanan darah di rumah sakit.

"Ceramah itu meningkatkan kepatuhan pasien dan mendeteksi keberadaan masked hypertension (hipertensi terselubung) dan whitecoat hypertension (hipertensi jas putih)," ucap Anggota Dewan Pembina dan Badan Pengawas InaSH; Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S di Fairmont Hotel, Jakarta, Kamis, 19 September 2019.

Yuda melanjutkan bahwa Ceramah bisa menunjukkan hasil pengukuran tekanan darah secara periodik pada hari, pekan dan bulan yang berbeda. Selain itu pengukuran dilakukan di lingkungan yang familiar dan nyaman, dibandingkan di klinik atau fasilitas kesehatan yang bisa mengintimidasi. Sehingga bisa mencegah munculnya hipertensi terselubung dan hipertensi jas putih.

"Kemudian Ceramah juga bisa memantau tekanan darah di rumah terkait erat dengan memantau potensi kerusakan organ akibat hipertensi, serta bisa memprediksi kejadian kardiovaskular dengan lebih baik dibandingkan pengukuran konvensional di klinik," ujar Yuda.

Ceramah, kata Yuda, juga lebih nyaman bagi pasien yang butuh memantau dan mencatat pengukuran, serta menunjukkan peningkatan kepatuhan pasien terhadap terapi dan tingkat pengendalian hipertensi. Selain itu, dibandingkan pengukuran ambulatory blood pressure yang hanya bertahan 24 jam, Ceramah bisa mengukur dan mendeteksi tren tekanan darah dari hari ke hari.