Yoga hingga Bersepeda, Olahraga Tepat untuk Jantung

Ilustrasi bersepeda
Sumber :
  • Pixabay/ Skeeze

VIVA – Kesehatan jantung dapat diperoleh dari berbagai cara termasuk berolahraga. Dengan berolahraga, tubuh bisa bergerak aktif sehingga jantung terlatih lebih bugar.

Jenis-jenis olahraga sendiri sangat bervariasi. Namun, untuk kesehatan jantung, dibutuhkan olahraga yang bersifat menggerakan semua anggota tubuh.

"Bersepeda bagus untuk jantung. Karena dengan bersepeda, kaki bergerak aktif dan tubuh berusaha menjaga keseimbangan sehingga denyut jantung meningkat dan membuat sirkulasi darah juga meningkat," ujar Spesialis kedokteran olahraga, dr. Sophia Hage SpKO., dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Kamis 3 Oktober 2019.

Hal tersebut, lanjut dokter Sophia, membuat kerja jantung lebih berat sehingga jantung lebih bugar. Selain bersepeda, dokter Sophia juga menganjurkan agar rutin menjalani olahraga lain.

"Berenang sama sifatnya seperti bersepeda sehingga efeknya menyehatkan jantung juga. Yoga latihan pernapasan dan kekuatan ototnya bisa bermanfaat untuk kesehatan jantung," kata dia.

Menurutnya, kebugaran jantung harus dipacu dengan olahraga teratur. Perlu juga diperhatikan bagi mereka yang memiliki hipertensi atau riwayat operasi pada jantung, sebaiknya tidak memilih olahraga intensitas tinggi seperti sepak bola.

"Olahraga minimal 150 menit seminggu tapi harus dibagi-bagi. Jangan dalam satu kali olahraga langsung 3 jam. Nanti terlalu lelah jadinya," ungkapnya.