4 Asupan Makanan Ini Sehat untuk Jantung

Ilustrasi memasak sayuran.
Sumber :
  • Pixabay/naimbic

VIVA – Jantung merupakan organ dalam tubuh yang perlu dijaga dengan baik agar mampu bekerja dengan maksimal. Salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi asupan yang tepat untuk menyehatkan jantung.

Makanan sehat untuk jantung bukan yang hanya terdiri dari sayuran atau menghindari lemak. Jantung membutuhkan gizi lengkap yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin mineral namun dengan porsi seimbang.

Untuk mendapatkan asupan makan yang tepat dan sehat untuk jantung, berikut paparan Spesialis gizi klinis, dr Ida Gunawan SpGK., dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Kamis 3 oktober 2019.

Karbohidrat

Sumber karbohidrat terbaik yaitu beras yang berwarna selain putih serta roti gandum. Sebab keduanya memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibanding beras putih. Dengan begitu, gula darah cenderung meningkat dengan proses yang lama sehingga kenyang lebih lama.

Sayuran

Pilih sayur dengan warna yang bervariasi. Sebab, warna-warni pada sayur adalah sumber antioksidan yang membantu mencegah proses hal-hal buruk yang terjadi pada jantung.

Selain itu, serat di jantung juga membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Kedua hal itu bisa menjadi pemicu serangan jantung. Dengan kerja serat yang mengikat lemak tinggi tersebut dan dibuang keluar, maka risiko serangan jantung lebih rendah.

Protein

Pilih protein dengan dengan kadar kolesterol rendah bahkan dengan kandungan antioksidan seperti daging putih dari ikan dan ayam tanpa kulit. Terlebih, ikan mengandung omega 3 yang bersifat menurunkan kolesterol buruk di tubuh.

Buah

Warna buah merupakan sumber antioksidan yang bagus untuk mengurangi efek inflamasi. Salah satu sumber buah yang baik adalah alpukat sebagai sumber omega 9. Kandungan omega 9 bermanfaat dalam menaikan kadar kolesterol baik. Nah, sebaiknya konsumsi alpukat tanpa tambahan pemanis agar kesehatan jantung tetap terjaga ya.