Ternyata Ada Kondom untuk Lidah, Apa Fungsinya?

Ilustrasi kondom.
Sumber :
  • dok. pixabay

VIVA – Keberadaan kondom selama ini mungkin lebih identik diperuntukkan untuk alat vital, baik untuk penis maupun vagina. Tapi tahukah Kamu bahwa ada juga kondom untuk lidah. Seperti apa ya bentuknya, dan apa sih fungsi sebenarnya?

Dilansir dari Healthline, Senin, 7 Oktober 2019, kondom lidah, juga disebut kondom oral, adalah kondom yang digunakan selama seks oral. Mereka digunakan untuk melindungi orang terhadap infeksi menular seksual (IMS), seperti klamidia, human papillomavirus (HPV) dan HIV.

85 persen orang dewasa yang aktif secara seksual berusia 18 hingga 44 tahun melaporkan melakukan seks oral dengan setidaknya satu pasangan dari lawan jenis.

Kondom lidah mirip desainnya dengan kondom tradisional dengan pengecualian ujung terbuka, yang lebih lebar dan dirancang agar pas di bibir. Ini memungkinkan orang melakukan cunnilingus tanpa kontak langsung dengan vagina. Kondom lidah juga bisa dikenakan di atas penis selama seks oral.

Kondom reguler yang aman untuk penggunaan oral dan pelindung gigi juga dapat digunakan untuk melindungi orang terhadap IMS selama seks oral. Lalu, bagaimana memilih kondom lidah yang baik?

Pilihan untuk kondom lidah sebenarnya terbatas, tetapi ada alternatif yang direkomendasikan untuk seks oral yang lebih aman, termasuk, kondom lateks atau poliuretan dan pelindung gigi dari lateks.

Ada berbagai kondom rasa di pasaran yang bagus untuk seks oral. Pastikan kamu membaca label terlebih dahulu, karena beberapa kondom beraroma adalah produk baru dan tidak dianggap aman untuk seks. (ldp)