Saat Hamil Irish Bella Diduga Idap Infeksi Saluran Kemih, Apa Efeknya?

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA –  Irish Bella sempat mengalami perdarahan beberapa waktu lalu sebelum kehilangan bayi kembarnya. Perdarahan tersebut sempat diduga akibat dari infeksi saluran kemih atau ISK. Suami Irish Bella, Ammar Zoni sempat mengatakan, istrinya yang kala itu mengandung buah hatinya harus dirawat selama tiga ha?i untuk memastikan dugaan infeksi saluran kemih tersebut. Meski begitu, dokter menyatakan bahwa perdarahan tersebut terjadi karena faktor kelelahan.

"Jadi katanya ada indikasi infeksi di saluran kemih. Tapi sesudah pengembangan selama tiga hari dirawat itu enggak ada apa-apa, semuanya aman. Cuma kecapekan aja," kata Ammar Zoni yang kala itu ditemui di kawasan Jakarta Barat, beberapa waktu lalu.

Dikutip dari laman Parents, Selasa 8 Oktober 2019, infeksi saluran kemih (ISK) memang rentan terjadi pada sekitar 10 persen wanita hamil. ISK sendiri tidak berdampak bahaya pada janin namun hal ini bisa membahayakan ibu saat hamil maupun melahirkan jika tak segera diatasi.

ISK yang tak tertangani dengan tepat bisa memicu masalah ginjal lebih serius. Komplikasi pada ginjal ini yang bisa membuat efek berbahaya pada ibu dan janin.

Dikatakan dr. Michele Hakakha, masalah ini bisa berdampak tiga hal antara lain infeksi pada peredaran darah yang akan sangat cepat menyebar ke organ lain atau disebut sepsi, pneumonia, dan bisa memicu bayi lahir prematur. Ketiga kondisi ini akan sangat berbahaya bagi ibu dan janin.

Perlu diketahui, ISK adalah penyakit yang sangat mungkin dicegah. Pencegahannya pun dapat dilakukan dengan mudah seperti konsumsi setidaknya 8 gelas air putih sehari.

Selain itu, kebersihan saat membasuh organ intim harus dilakukan dengan tepat seperti membasuh dari arah depan ke belakang. Pastikan juga buang air kecil hingga urine sudah benar-benar habis.

Kenakan juga pakaian dalam berbahan dasar katun sehingga mudah menyerap keringat. Hindari pakaian yang terlalu ketat karena dapat membuat area intim menjadi lembab dan membuat kuman berkembangbiak dengan mudah.