Banyak Orang Idap Gangguan Jiwa karena Ilmu Hitam dan Game Online

Ilustrasi gangguan jiwa
Sumber :
  • Pixabay/Lando

VIVA – World Mental Health Day atau Hari Kesehatan Jiwa Sedunia diperingati untuk ke-27 kalinya pada hari ini, 10 Oktober 2019. Selama ini, gangguan jiwa bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun, saat ini penyebab gangguan jiwa terbanyak diketahui akibat narkoba, mempelajari atau terkena ilmu hitam, handphone, bermain game online, melalui computer.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Yayasan Jamrud Biru, Suhartono. Suhartono yang melalui yayasannya telah menangani sebanyak 153 pasien itu juga mengatakan, yang terbaru, pasien yang ditangani akibat kecanduan game online.

Pengobatan lantas dilakukan oleh pihaknya dengan lima cara, mulai dari doa, ritual ramuan kesehatan, urut pijat dan yang lebih intensif, yakni pembinaan. Pembinaan meliputi agama yang kuat, diberikan pembinaan terapi olaraga dan kegiatan disiplin.

"Terbaru karena gadget mulai masuk ke panti kami dan alhamdulillah, dan kami coba untuk cepat sembuh," kata dia.

Hari Kesehatan Jiwa sedunia hari ini, lanjut  Suhartono, diperingati oleh yayasan yang dirintisnya dengan membawa pasien ke Kebun Raya Bogor. Kemampuan mereka juga ditampilkan, mulai dari berkreatif menggambar, lomba baca Al-Quran, salawatan, hingga ceramah dan adzan.

Berdiri sejak tahun 2009, Jamrud Biru sudah memulangkan lebih dari 300 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dengan kondisi sembuh total. (rna)