Gairah Seksual Meningkat saat Menstruasi, Ternyata Ini Penyebabnya

Ilustrasi bercinta.
Sumber :
  • Pexels/freestocks.org

VIVA – Saat menstruasi tiba, banyak perempuan sering mengeluhkan kram, kembung, kelelahan. Di samping hal itu, mereka juga kerap merasa lebih mudah terangsang saat menstruasi. Apa sebenarnya penyebabnya?

Menurut Profesor klinis kebidanan dan kandungan di Yale Sekolah Kedokteran Universitas, Dr. Mary Jane Minkin, MD,  lonjakan daya tarik seks tertentu saat menstruasi terjadi berkat sedikit peningkatan testosteron,

"Siklus menstruasi melibatkan naik turunnya siklus estrogen, progesteron, testosteron, dan DHEA," kata Adeeti Gupta, MD, seorang obgyn dan pendiri Walk. Di GYN Care. Demikian seperti dilansir dari Womens Health. 

Dalam sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Hormones and Behavior, peneliti mengeksplorasi hubungan pada sekelompok perempuan lajang. Mereka mengukur kadar hormon selama dua siklus menstruasi penuh dan membandingkan hasilnya dengan jurnal harian, di mana para partisipan mencatat aktivitas seksual dan perasaan bergairah.

Baca juga: 6 Buah Ini Ampuh Lecut Gairah Seks

Para peneliti menemukan bahwa perubahan kadar estrogen dan progesteron memiliki efek serius pada libido. Mungkin karena estrogen, yang turun pada awal menstruasi tetapi kemudian mulai naik dengan mantap pada hari kedua atau ketiga, hal ini meningkatkan libido dan hasrat seksual.

Sementara itu, progesteron, hormon penstabil yang "tidak ramah terhadap perasaan seksi" ada pada titik yang rendah. Sehingga hal itu juga membuat seorang merasa lebih sensual saat tengah menstruasi. 

Namun, bukan berarti semua itu disebabkan oleh perubahan hormon. Menurut  seorang ahli saraf kognitif dan terapis seks bersertifikat,  Nan Wise, PhD,perasaan bergairah saat menstruasi juga disebabkan oleh oleh perbedaan individu. 

"Wanita mungkin lebih menyukai seks pada periode itu tergantung pada kenyamanan fisik mereka,. Untuk beberapa wanita, ketika mereka menstrusasi dan kram, hal terakhir yang mereka inginkan adalah seks. Yang lain, di sisi lain, menginginkan aktivitas seksual untuk mengatasi rasa sakit," kata dia.