Hati-hati, Earphone Bisa Sebabkan Infeksi Telinga

Ilustrasi-Mendengarkan musik
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Pengguna ponsel pasti membutuhkan bantuan earphone saat mereka ingin beraktivitas sambil mendengarkan musik atau sekadar menelpon. Tapi tahukah kamu bahwa sebuah penelitian mengungkap dampak buruk penggunaan earphone.

Dikutip dari situs Mirror, Kamis, 17 Oktober 2019, seorang pakar kesehatan telinga mengungkapkan bahwa memakai earphone bisa memicu penumpukan kotoran, keringat, minyak, kulit mati bahkan rambut telinga. 

Yang lebih mengkhawatirkan adalah, penumpukan itu bisa memicu infeksi telinga.

"Apapun yang menghalangi jalan cairan atau zat keluar secara alami dari telinga, dapat menyebabkan penumpukan di dalamnya," ujar Direktur klinis Earworx, Lisa Hellwege.

Ia memberi contoh, seperti penyumbat telinga atau alat bantu dengar. Alat ini berada di tempat zat kotoran telinga di produksi dan sebenarnya dapat merangsang produksi kotoran lebih banyak saat sedang digunakan.

Zat itu sebenarnya memiliki beberapa peran penting, termasuk melindungi dan melembapkan saluran telinga, tetapi zat yang berlebihan akan menyebabkan infeksi.

"Earphone peletakannya di sepertiga luar telinga. Tempat zat itu diproduksi dan dapat membuat telinga kering dan gatal. Sebaiknya bersihkan earphone setiap hari dengan alkohol yang bisa membunuh 99,9 persen patogen," sarannya.