6 Kebiasaan Sehari-hari yang Berisiko Sebabkan Saraf Kejepit

Ilustrasi tulang dan saraf manusia
Sumber :
  • Pixabay/spiritbunny

VIVA – Saraf kejepit bisa menimbulkan rasa nyeri dan ketidaknyamanan pada penderitanya. Penanganannya juga tak boleh sembarangan karena bisa saja menimbulkan kelumpuhan.

Tapi, banyak yang tidak sadar bahwa aktivitas sehari-hari berisiko sebabkan saraf kejepit. Dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, dokter spesialis saraf dr. Zicky Yombana, SpS mengemukakan enam kebiasaan dalam aktivitas sehari-hari yang bisa memicu saraf kejepit.

Bangun tidur

Saat bangun tidur, sebaiknya jangan langsung duduk seperti melakukan sit up. Tapi, Zicky menyarankan, miringkanlah badan, lalu turunkan kaki ke bawah, dan dorong badan berdiri menggunakan tangan.

Posisi duduk

Kebiasaan lain yang sering terabaikan adalah posisi duduk di kursi. Seringkali, saat sedang malas, banyak yang duduk dengan menyelonjorkan kaki dan posisi kepala menyandar di sandaran kursi. Posisi ini berisiko menimbulkan saraf kejepit karena punggung tidak tertopang apa pun.

Mengangkat atau mengambil barang

Saat mengangkat barang yang berat dari lantai, Zicky tidak menganjurkan mengangkatnya dengan cara membungkuk. Misalnya, saat akan mengangkat galon, sebaiknya kamu jongkok terlebih dahulu kemudian dekatkan galon ke badan, lalu angkat.

Demikian juga saat mengambil barang yang jatuh ke lantai, jangan langsung menunjuk. Sebaiknya, langkah satu kaki ke depan, kemudian tekuk sehingga badan menumpu pada kaki itu, baru mengambil barang yang jatuh. Pastikan punggung selalu dalam keadaan lurus, jangan membuat sudut.

Menaruh dompet di kantung celana belakang

Kebiasaan ini sering dilakukan oleh para pria. Padahal, kebiasaan ini bisa berefek buruk karena bisa terjadi penekanan pada saraf tulang belakang. Selain itu, posisi bokong yang miring bisa menyebabkan pergeseran bentuk tulang dan akhirnya menimbulkan saraf kejepit.

Sepatu high heels

Memakai sepatu hak tinggi diyakini para perempuan bisa membuat efek tubuh jenjang dan proporsional. Padahal, sepatu hak tinggi bisa menimbulkan perubahan struktur pinggang. Selain itu penggunaan tas juga akan memengaruhi saraf bahu serta leher. Zicky menyarankan agar membawa tas dengan cara dijinjing atau memakai tas ransel.

Bermain HP

Kebiasaan bermain HP berisiko menimbulkan saraf kejepit di bagian tengkuk. Zicky menyarankan tiga cara menatap layar HP yang benar. Pertama, pastikan layar sejajar dengan mata dan sanggah tangan ketika memegang ponsel. Kedua, saat duduk di meja, sanggah tangan di meja dan HP posisikan sama dengan mata. Ketiga, saat duduk, tumpukan siku kedua tangan pada paha ketika bermain ponsel.