Keluar Rumah saat Cuaca Panas, Waspada Heatstroke

Ilustrasi cuaca panas
Sumber :
  • Pixabay/sasint

VIVA – Heatstroke adalah kondisi ketika tubuh mengalami peningkatan suhu secara drastis hingga mencapai 40 derajat Celcius atau bahkan lebih. Heatstroke biasanya terjadi saat seseorang menerima paparan suhu panas dari lingkungan sekitar di luar batas toleransi tubuhnya, misalnya saat cuaca sedang sangat terik.

Heatstroke dapat menyebabkan sejumlah komplikasi, tergantung pada berapa lama suhu tubuh tinggi. Komplikasi parah termasuk kerusakan organ vital. Tanpa respons yang cepat untuk menurunkan suhu tubuh, sengatan panas dapat menyebabkan otak atau organ vital lainnya membengkak, kemungkinan mengakibatkan kerusakan permanen.

Tidak hanya itu, Heatsroke juga bisa berujung pada kematian. Tanpa perawatan yang cepat dan memadai, heatstroke dapat berakibat fatal, bahkan hingga kematian. Karena heatstroke merupakan kondisi gawat darurat yang memerlukan penanganan segera, maka penting bagi kamu untuk mengetahui tanda-tanda dari kondisi tersebut dan bagaimana cara menanganinya.

Spesialis penyakit dalam, dr Suzy Maria, SpPD, akan mengupas tuntas seputar heatstroke, pada tayangan Ayo Hidup Sehat (AHS) di tvOne, Senin 28 Oktober 2019.

Selain itu ada serai. Manfaat serai untuk kesehatan erat dikaitkan dengan kandungan nutrisi di dalamnya. Selain membuat cita rasa makanan dan minuman menjadi lebih lezat, serai atau sereh juga mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin B, magnesium, kalium dan zat besi.

Menurut WebMd, sereh juga dapat membantu mencegah pertumbuhan beberapa bakteri dan ragi. Serai juga mengandung zat yang dianggap bisa meredakan rasa sakit dan bengkak, mengurangi demam, meningkatkan kadar gula dan kolesterol dalam darah, merangsang rahim dan aliran menstruasi, serta memiliki sifat antioksidan.

Serai umumnya diminum, dioleskan langsung ke kulit, atau dihirup sebagai aromaterapi untuk berbagai kondisi. Lalu, bagaimana cara mengolah sereh untuk mendapatkan manfaatnya yang luar biasa?

Untuk mengetahuinya, dr Wawaimuli Arozal, M.Biomed, PhD, akan membahasnya pada tayangan yang sama. Ayo Hidup Sehat (AHS) bisa kamu saksikan pada pukul 13.00-14.00 WIB di tvOne.