Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 1 November 2019 | 06:52 WIB

5 Makanan Rendah Kalori yang Ampuh Pangkas Lemak

Team VIVA »
Tasya Paramitha
Diza Liane Sahputri
Foto :
  • Pixabay/Rita E
Ilustrasi ikan mentah.

VIVA – Salah satu hal tersulit untuk menurunkan berat badan adalah dengan memangkas kalori dari makanan yang dikonsumsi. Tak sedikit makanan rendah kalori yang hanya sebentar menunda rasa lapar dan membuat Kamu berakhir dengan mengonsumsi makanan yang berlebihan.

Padahal, kalau mau lebih jeli, banyak makanan sehat yang rendah kalori dan memberi rasa kenyang lebih lama sehingga ampuh menurunkan berat badan. Berikut di antaranya, dikutip dari laman Healthline, Kamis, 31 Oktober 2019.

Baca Juga

Sop

Sop atau sup menjadi pilihan sederhana dan yang mengejutkan dapat memberi rasa kenyang lebih lama. Faktanya, sop bisa memberi rasa kenyang lebih awet dibanding makanan padat.

Terpopuler

Studi juga menemukan, mengonsumsi sop bersamaan dengan makan besar, mampu menurunkan jumlah kalori total yang dikonsumsi hingga 20 persen. Tapi ingat, jenis sop yang dikonsumsi bukan yang creamy melainkan penuh dengan protein seperti daging dan sayuran.

Telur

Telur memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi tapi rendah kalori. Beruntungnya, telur juga sangat mudah ditemukan dan diolah dengan beragam cara.

Satu butir telur mengandung 72 kalori dan 6 gram protein disertai beragam vitamin dan mineral. Sehingga, memulai hari dengan mengonsumsi telur dapat membuat perut kenyang lebih lama.

Ikan

Kaya akan protein dan lemak baik membuat ikan menjadi pilihan yang tepat untuk memangkas berat badan. Dalam 3 ons atau 85 gram daging ikan mengandung 15 gram protein dan kurang dari 70 kilo kalori.

Beberapa riset juga menemukan bahwa meningkatkan asupan ikan dapat menurunkan rasa lapar dengan adanya hormon ghrelin, yang mampu menstimulasi rasa lapar. Disarankan memilih olahan ikan yang rendah kalori seperti ikan pecak.

Kentang

Kentang sering dikategorikan sebagai makanan yang tidak sehat dan berbahaya karena dikaitkan dengan lemak yang tinggi. Padahal, kentang yang dipanggang dengan kulitnya mengandung 161 kalori serta 4 gram protein dan serat. Nah agar mendapatkan manfaat baik dari kentang, pilih òlahan kentang dengan cara direbus ya.

Semangka

Buah merah yang selalu menggiurkan ini memiliki banyak kandungan air untuk mencegah dehidrasi. Dalam satu cup berisi daging buah semangka yang telah dipotong mengandung 46 kalori serta vitamin A dan C.

Mengonsumsi semangka juga bermanfaat dalam membuat tubuh kenyang lebih lama. Sehingga, berat badan yang cenderung berlebih bisa secara perlahan diturunkan.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Mencicipi Kuliner Sehat nan Murah
LIFESTYLE - lewat 2 tahun lalu