Konsumsi Brokoli Ampuh Lawan Penyakit Akibat Polusi

Ilustrasi Brokoli.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Polusi masih menjadi permasalahan di berbagai wilayah di Tanah Air seperti di Jakarta dan Riau. Penyebab dari polusi sendiri bisa dari berbagai hal seperti asap kendaraan hingga asap sisa kebakaran hutan.

Jika tubuh menghirup polusi dalam waktu lama, bahaya infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) hingga pneumonia paru bisa mengintai. Untuk membuat tubuh kuat menghadapi serangan penyakit akibat polusi tersebut, Kementerian Kesehatan Union, dr Harsh Vardhan menyarankan asupan yang kaya akan antioksidan dari sayuran seperti brokoli untuk menangkal penyakit tersebut.

Seperti dikutip dari laman The Health Site, Rabu 6 November 2019, menurutnya, tak semua orang mampu memiliki alat untuk membantu memperbaiki oksigen di dalam ruangan seperti air purifiers atau masker khusus polusi. Sehingga, mengonsumsi brokoli bisa menjadi pilihan untuk mencegah penyakit yang rentan hinggap.

Brokoli mengandung kadar antioksidan, vitamin A, beta-karoten, B kompleks, asam folat, dan mineral telah dikaitkan dengan meningkatkan fungsi pencernaan dan menghentikan racun di tubuh. Brokoli dipercaya mampu mendetoksifikasi tubuh khususnya di sistem pencernaan.

Studi yang dilakukan di Cina juga menemukan bahwa brokoli memiliki kadar glucoraphanin yang tinggi. Kandungan ini lah yang kemudian bereaksi terhadap polusi udara di dalam tubuh dan memecahnya menjadi tak berfungsi maksimal.

Proses ini membuat tubuh bisa membuangnya dengan mudah melalui detoksifikasi. Untuk mengonsumsinya pun ternyata olahan jus atau smoothie dari brokoli sangat mudah diserap tubuh.

Studi lainnya dari jurnal Cancer Prevention Research tahun 2019 menemukan degan konsumsi teh dengan brokoli mampu meminimalisir kadar polusi udara di tubuh hingga 61 persen. Hal ini membuat bisa membuat daya tahan tubuh lebih kuat dalam melawan kuman penyakit.

Nah, jadi pastikan untuk rutin konsumsi brokoli di dalam pola makan kamu, ya. Apalagi, harga brokoli juga terbukti lebih murah dibandingkan alat air purifire.